PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Menjelang pilkada yang akan berlangsung di tahun 2020, menjadi perhatian serius Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko SE. Hal ini disampaikannya usai dilaksanakannya kegiatan serah terima jabatan antara dandim yang lama Letkol Kav Budi Wirman, S.Sos, kepada dandim baru dengan pejabat baru Letkol Inf Sigit Purwoko SE di Makodim Rejang Lebong, Minggu (1/9/2019).

“Tahun depan sudah masuk tahun pilkada maupun pilkades, nah untuk itu mulai dari sekarang kita melakukan penyusunan rencana pengamanan di 3 kabupaten di bawah naungan kodim 0409. Untuk pengamanan ini kita bertugas mendukung polri dan kita akan kordinasi dengan jajaran polres Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang,” kata Dandim.

Ditambahkannya, ia juga fokus melaksanakan tupoksi kodim sesuai dengan komando TNI serta akan melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) untuk meningkatkan infrastruktur di tiga kabupaten.

“Untuk TMMD tahun depan akan kita laksanakan di Kabupaten Lebong karwna kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang sudah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya. Meski TMMD difokuskan di Lebong, kita juga tetap akan berkoordinasi dengan kepala daerah untuk kegiatan peningkatan infrastruktur,” kata Dandim.

Sebelumnya kegiatan pisah sambut ini dilaksanakan di lapangan Makodim 0409/RL antara pejabat lama dengan pejabat baru dengan meperkenalkan pejabat baru dan penyampaian kata perpisahan dari pejabat lama kepada seluruh jajaran personil kodim.
Lekol Kav Budi Wirman meninggalkan jabatannya sebagai Dandim 0409 untuk kemudian menjabat sebagai Pabandya-2/ Anev Spaban I/ Ren Spamad. Sedangakan Dandim 0409 RL yang baru Letkol Inf Sigit Purwoko, yang sebelumnya menjabat sebagai Dandodik Bela Negara Rindam II/ Sriwijaya.

“Saya bertugas sebagai Dandim 0409 RL ini selama kurang lebih 21 bulan, sejak bulan November 2017. selama bertugas, sinergitas anatara TNI polri maupun degan pemerintah daerah sudah cukup baik harapan saya sinergitas ini berjalan lebih baik ditangan Dandim yang baru. Saya juga minta maaf kepada personil Kodim kala selama berada disini ada kesalahan,” ujar Lekol Kav Budi Wirman.

Kegiatan pisah sambutan ini dihadiri pejabat dari 3 kabupaten yakni kabupaten Rejang Lebong dihadiri Wakil Bupati Iqbal Bastari beserta Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika Sik, Kabupaten Lebong dihariri langsung oleh Bupat H Rosjonsyah dan Kapolres Lebong AKBP Andree Gama Putra Sik dan kabupaten Kepahiang dihadiri Sekda Zamzami Zubir.

Pisah sambut diawali dengan penyambutan secara Adat Rejang dilanjutkan dengan kegiatan Pedang Pora, Apel pasukan dan perkenalan pejabat baru dan perpisahan dengan pejabat lama. Di akhir kegiatan dilaksanakan penanaman pohon jambu jamaika di halaman makodim, dan dilanjutkan kegiatan pamitan dengan seluruh personil kodim.[Julkifli Sembiring]