Tampak saat tim TP4D memantau progres fisik pelebaran jalan DPUPRP Lebong.

PedomanBengkulu.com, Lebong – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong melalui Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) akan ekstra ketat dalam pengawalan dan Pengamanan (Walpam) untuk mendorong keberhasilan pembangunan daerah. Hal ini dilakukan, sebagai langkah memantapkan tugas dan fungsi TP4D bisa berjalan di Kabupaten Lebong.

“Kita pastikan TP4D akan mengawasi ketat setiap progres kegiatan milik instansi dampingan,” tegas Kajari Lebong Endang Sudarma SH MH melalui Kasi Intel Kejari Lebong Imam Hidayat SH MH kepada PedomanBengkulu.com Jum’at siang (6/9/19).

Dikatakannya, TP4D memiliki tugas mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya pencegahan preventif maupun persuasif.

“Makanya dari awal pekerjaan hingga setiap laporan progres fisiknya juga akan terus dipantau,” tegas Imam.

Ditambahkan Imam, dari awal pihaknya sudah mengingatkan para pejabat OPD maupun Kontraktor pelaksana proyek, agar tidak menjadikan TP4D sebagai tameng dalam melaksanakan proyek.

Sebab, jika ditemukan adanya indikasi melawan hukum atau tindak pidana korupsi, Kejari Lebong akan tetap memeriksa pejabat maupun rekanan yang bersangkutan.

“Saya tegaskan TP4D bukan tameng bagi pelaksana proyek, karena jika memang bermasalah pastinya akan kita proses,” tutupnya.

Untuk diketahui, saat ini TP4D Kejari Lebong sudah menerbitkan surat Walpam dan sudah lakukan pengawasan kegiatan di tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meliputi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP), ada tiga item kegiatan diantaranya paket pekerjaan rehabilitasi atau Pemeliharaan jalan dan jembatan pendesaan, Paket proyek pelebaran jalan, dan Paket Rehabilitas jembatan beton. Kemudian Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) ada satu paket anggaran DAK yang dipecah menjadi 8 item kegiatan pembangunan sarana dan prasarana terpusat dikawasan objek wisata Air Putih. Selanjutnya satu paket pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pelabai, yang merupakan paket Kegiatan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong.[Supriyadi]