Tampak salah satu Kades mengikuti pemeriksaan di Kantor Inspektorat Lebong, karena saat tim turun administrasinya belum lengkap

PedomanBengkulu.com, Lebong – Sesuai jadwal yang ditetapkan sebelumnya, selama sebulan penuh mulai 23 September hingga 23 Oktober 2019. Inspektorat Kabupaten Lebong melaksanakan audit reguler untuk memeriksa seluruh kegiatan di 93 desa se- Kabupaten Lebong. Pemeriksaan dilakukan untuk memantau realisasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun berjalan.

Bahkan untuk mempermudah kegiatan audit, Inspektorat Lebong membagi tiga tim auditor dalam proses pemeriksaan reguler tersebut.

“Jadwalnya sebulan dan sudah dimulai sejak 23 September 2019 hingga 23 Oktober 2019 mendatang,” ungkap Inspektur Daerah (Ipda) Inspektorat Lebong, Jauhari Chandra SP MM kepada PedomanBengkulu.com Rabu pagi (9/10/19).

Setelah jadwal yang setiap kecamatan disampaikan melalui Camat, lanjut Jauhari, saat ini sebagian desa sudah didatangi langsung tim auditor ke desa. Jika dalam jadwal auditor turun terdapat Pemdes belum siap seluruh administrasinya. Supaya tidak menggangu jadwal yang ada, maka untuk desa tersebut akan dilaksanakan pemeriksaannya di Kantor Inspektorat Lebong.

“Intinya audit akan dilaksanakan sesuai jadwal, jika memang belum siap maka Pemdes tersebut diminta serahkan kelengkapan administrasinya dan langsung diaudit di Kantor Inspektorat,” bebernya.

Ditambahkan Jauhari, memang peran Inspektorat saat ini lebih kepada mitra desa dalam pembinaan. Dana Desa yang diterima setiap desa saat ini cukup besar, maka perlu adanya pengawasan sehingga dana yang diterima desa digunakan untuk pembangunan dan pelayanan untuk masyarakat setempat.

“Pemeriksaan ini sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya,” tukasnya. [Supriyadi]