PedomanBengkulu.com, Lebong – Wakil Bupati (Wabup) Lebong Wawan Fernandez SH M.Kn mendukung terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang handal dalam mengelola kepariwisataan. Apalagi kedepannya, industri pariwisata merupakan salah pendongkrak ekonomi dalam bidang jasa. Hal itu diungkapkan Wabup kepada PedomanBengkulu.com, usai membuka secara resmi pelatihan tatakelola destinasi pariwisata di Kabupaten Lebong, di Aula Hotel Asri Muara Aman Selasa (1/10/19).

” Harapannya mereka yang ikut pelatihan, dapat menggerakan potensi pariwisata dan bagaimana menyajikan layanan kepada pengunjung dan bidang jasa maupun dalam pneyajian kulinernya,” sampai Wawan.

Selain itu, lanjut Wawan, melalui kegiatan tersebut juga, para peserta pelatihan dapat mengerakan masyakarakat untuk peduli dengan wisata, karena dengan wisata kita bisa membangun daerah.

“Pengelolaan pariwisata juga dapat meningkatkan perekonomian desa disekitar objek wisata. Masyarakat setempat juga bisa menjual berbagai kuliner khas kearifan lokal dan cindermata atau oleh-oleh,” ucapnya.

Untuk diketahui,Pelatihan tata kelola destinasi pariwisata itu diikuti peserta dari perwakilan desa dan organisasi pemerhati alam dan wisata. Acara yang digelar Disparpora Lebong tersebut juga menghadirkan pembicara ahli kepariwisataan yakni, Dosen Universitas Paramadina dan ketua Pokdarwis Provinsi Banten. Selama tiga hari kedepan, para peserta mengikuti pelatihan dengan tujuan dapat membangkitkan dan mengelola objek wisata di Kabupaten Lebong yang lebih baik. [Supriyadi]