PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Puluhan anggota Kodim 0409 Rejang Lebong mendadak diwajibkan menjalani tes urine. Pelaksanaan tes narkoba personil Kodim tersebut dilakukan Jumat 1/11/2019 Usai apel pagi, Komandan Kodim (Dandim) 0409 Rejang Lebong, Letkol Inf. Sigit Purwoko mengatakan, tes urine terhadap para anggota TNI itu bertujuan untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan anggota.

“Tes urine ini dalam rangka sebagai bentuk perlawanan kita terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba, tujuannya tentu untuk mengecek anggota Kodim 0409 agar tidak terlibat penyalahgunaan narkoba,” kata Dandim.

Dandim menjelaskan, pemeriksaan tes urine tersebut tidak hanya dilakukan sekali saja melainkan dilaksanakan rutin, sehingga dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran mengingat penyalahgunaan narkoba merupakan pelanggaran berat di tubuh TNI.
Pemeriksaan tes urine yang dilakukan hari ini, disebutkan Dandim dilakukan oleh sebanyak 70 dari 324 anggota dan PNS Kodim 0409.

“Pemeriksaan tes urine ini dilakukan secara rutin dan berkesinambungan, sehingga seluruh anggota semuanya dilakukan pemeriksaan tes urine,” tegasnya.

Berdasarkan hasil tes urine yang melibatkan petugas kesehatan dari RSUD Curup itu, hasil pemeriksaan tes urine seluruh anggota dinyatakan negatif, yang artinya seluruh anggota yang diperiksa bebas narkoba. [Julkifli Sembiring]