PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Dinas Pemadam Kebakaran (PBK) Kabupaten Rejang Lebong berencana melakukan penambahan mobil pemadam kebakaran untuk ditempatkan di kecamatan yang saat ini belum memiliki mobil pemadam. Diungkapkan Kepala Dinas PBK RL untuk mewujudkan rencana tersebut, pihaknya telah memasukkan usulan ke DPRD Rejang Lebong mealui tim anggaran pemerintah daerah.

“Kita masih kekurangan Mobil PBK, yang ada sekarang baru 12 unit dan 7 unit diantaranya ditempatkan di Kantor PBK sedangkan 5 lainya kita tempatkan di Kecamatan. Nah hingga sekarang yang belum memiliki mobil PBK ini yakni Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Sindang Dataran dan Sindang Beliti Ilir. Kecamatan yang telah ada mobil PBK yakni di Kecamatan PUT, Kota Padang, Sindang Kelingi, dan Bermani Ulu,” kata Sumardi.

Ditambahkan Sumardi, dari usulan yang disampaikan tersebut, pihaknya sebelumnya telah memaparkan kebutuhan tersebut ke DPRD Rejang lebong melalui Komisi III.

“Tampaknya untuk tahun depan mobil PBK yang dikabulkan baru 1 karena terjadinya defisit anggaran yang terjadi. Usulan kita untuk 3 unit mobil PBK jenis tangki dengan kisaran harga 1 unit Rp600 juta. Usulan ini kita ajukan karena memang masih terjadi kekurangan mobil dan selama ini jika terjadi kebakaran maka terpaksa didatangkan dari kecamatan lain dan ini kurang efektif, bahkan sering kali mobil baru tiba setelah api membesar. Kalau standarnya sesuai dengan SOP, waktu dari laporan terjadinya kebakaran dengan kenderaan tiba di lokasi pali lama 15 menit, nah kalau sekarang hal ini belum bisa dilakukan,” ujar Sumardi.

Sumardi juga mengungkapkan usulan lain yang disampaikan ke Dewan yakni penambahan Mesin sedot dan mesin portable untuk pemadam kebakaran. [Julkifli Sembiring]