PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) mendapatkan prestasi gemilang. Kota Bengkulu terkategori sebagai kota yang sangat inovatif. Hal ini tertuang dalam Hasil Pengukuran Indeks Inovasi Daerah pada Pusat Penelitian Pengembangan Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri.

Kota Bengkulu berhasil meraih indeks 3.270 dan masuk peringkat ke 68 dari 514 Kota/Kabupaten yang ada di Indonesia.

Pengukuran Indeks inovasi daerah dilakukan dengan mekanisme input data inovasi daerah kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri melalui Sistem Aplikasi Indeks Inovasi Daerah (SAIID).

“Kita bersyukur kepada Allah SWT dengan predikat Kota Bengkulu dengan Indeks sangat inovatif, dengan inovatif ini kita jangan berpuas diri, harus terus meningkat inovasi-inovasi kita dalam rangka menghadirkan kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Helmi Hasan, Jum’at (22/11/2019).

Menurutnya, kedepannya inovasi harus terus dilahirkan bukan hanya oleh pimpinan tetapi seluruh jajaran ASN, FKPD bahkan kita juga mendengarkan inovasi-inovasi dari masyarakat agar kemudian ke depan pemerintah Kota Bengkulu juga dapat penilaian lebih lagi dari Kemendagri.

“Tetapi bukan penilaian itu yang menjadi barometer kita, akan tetapi yang menjadi barometer kita bagaimana masyarakat betul-betul merasakan, mendapatkan kehadiran pemerintah yang dirasakan di dalam kebahagiaan ini,” ungkapnya.

Hal tersebut menurut Walikota tidak lepas dari dukungan masyarakat dan juga pemerintah provinsi.

“Berkat Allah SWT, dedikasi dari seluruh ASN, FKPD dan tentu seluruh lapisan masyarakat, ini juga berkat bimbingan dari Pak Gubernur serta pemerintahan provinsi Bengkulu, karena Kota ini bagian dari pemerintah provinsi juga,” tutupnya. [Soprian/Advetorial]