PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemkab Seluma kembali melakukan rotasi terhadap 182 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungannya. Mutasi tersebut dilakukan di balai adat Kabupaten Seluma di kelurahan Lubuk Lintang pada Jum’at (20/12/2019). Adapun PNS yang dimutasi terdiri dari pejabat eselon III, guru, hingga fungsional.

Adapun nama nama pejabat yang dimutasi, diantaranya terdapat kabid pemuda dan olahraga Disaparpora Kabupaten Seluma Herman Suyadi dipromosi menjadi Sekretaris Disparpora Seluma. Ada juga anak Bupati Seluma Bundra Jaya, bernama Venny Yunita yang dimutasi dari kabid pengelolaan keuangan BPKD Seluma menjadi Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Seluma.

Namun sayangnya nama nama pejabat dan staf yang dimutasi oleh Bupati Seluma Bundra Jaya tersebut tidak bisa diketahui secara lengkap. Pasalnya saat wartawan mencoba untuk menanyakan daftar nama PNS yang dirotasi, salah satu pejabat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kabupaten Seluma saat ditemui diruangannya, menolak memberikan informasi secara lengkap

“Ada ini datanya, silakan foto,” ujar pejabat tersebut sembari menyerahkan daftar nama pejabat yang mutasi untuk dicatat dan difoto oleh sejumlah wartawan yang datang ke ruangannya.

Kemudian saat hendak memotret data pejabat dihalaman ketiga, ia melarang.

“Sudah ya, batas halaman dua saja, jangan banyak-banyak, ini foto saja lagi yang bagian fungsional,” ujarnya.

Salah seorang wartawan dari surat kabar, kemudian menanyakan pelarangan memotret seluruh nama pejabat yang dimutasi tersebut.

“Mengapa tidak boleh difoto semua?,” tanya wartawan.

“Jangan, jadilah, dua halaman saja” jawabnya.

“Mutasi pejabat kan bukan informasi yang rahasia,” tanya wartawan lain.

“Dua halaman saja, inikan bukan informasi untuk publik,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kabupaten Seluma, Yedi Kustanto, menyayangkan data mutasi yang tidak bisa dipublikasi secara lengkap.

“Ada apa? Apa mungkin ada dugaan permainan kursi pejabat? sehingga mereka enggan memberikan draf tersebut. Kan sudah disebutkan setiap penggelaran mutasi, terus kenapa masih disembunyikan, wartawan dalam peliputan membutuhkan data yang akurat dan tepat, jika mereka menututupi kesannya ada dugaan permainan pada mutasi tersebut,” jelas Yedi. [IT2006]

Berikut nama nama pejabat yang dimutasi :

1. Bahmada Rustam, Sekretaris Dispora, janatan baru sekretaris Perpustakaan dan Arsip Daerah.
2. Sahrul iswandi, S.Sos jabatan lama sekretaris dinas kominfo, jabatan baru Irban III Inspektorat.
3. Drs Azwan, jabatan lama Kabag Umum Setwan, baru Sekretaris DLH.
4. Jumadi, S.Sos, jabatan lama Camat Selsel, jabatan baru Sekretaris Diskan
5. M Huni SE, jabatan lama Sekretaris Diskan, jabatan baru Kabag Keuangan Setwan.
6. Venny Yunita, SE , M.Si, jabatan lama kabid pengelolaan keuangan BPKD Seluma, jabatan baru Sekretaris Dinas Kominfo.
7. Herman Suyadi, SE, Jabatan baru Kabid Pemuda dan Olah Raga Dispora. Jabatan baru Sekretaris Dispora.
8. Dadang Kosasi ST MT, jabatan lama Kabid Penyelenggaraan pemerintahan secara elektronik, jabatan baru Kabag Administrasi Umum Setkab Seluma.
9. Evan Ahamdi, SE, jabatan lama Kabid Pengembangan Balitbang, jabatan baru, Kabag Umum Setwan Seluma.
10. Yetti Raudah ST, jabatan lama Kasubid Pemerdayaan Sumber Daya Bappeda, jabatan Baru Kabag Administrasi Pembangunan.
11. Hasbi Sadiki, SE M.Si Kabid Pengelolaan Komunikasi dan Informasi, jabatan baru Sekcam Semidang Alas.
12. Herwan SH MH, jabatan lama Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, jabatan baru Kabid Kebersihan DLH.
13. Maswin SE, jabatan lama Kabid Pencegagan dan Kesiapsiagaan BPBD, jabatan baru Kabid Koperasi dan UKM Disperindagkop dan UKM.
14. Harnovi Dewi Gusti SE kabid Perindustrian dan Perdagangan Dinas Perindagkop dan UKM. Jabatan baru, Kabid Kawasan Pemukiman Dinas Perkim.
15. Ir Diswarman, jabatan lama Kabid Perkebunan Dinas Pertanian. Jabatan baru Kabid Distribusi dan Cadangan pangan Dinas Ketahanan Pangan.
16. Yulian, S.Sos, jabatan lama Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Kantor Ketahanan Pangan. Jabatan baru, Kabid Pemberdayaan Perempuan DPPPPPKB.
17. Lendawati, SE jabatan lama Kabid Pemberdayaan Perempuan DPPPPPKB. Jabatan baru Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan, Kesbangpol.
18. Jonaidi SE, jabatan lama Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan, Kesbangpol. Jabatan Baru Kabid Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Dinas Kominfo.
19. Atmaja Kusuma, A.Md Keb, SKM, jabatan lama Kabid Kebersihan DLH. Jabatan Baru Kabid Penunjang Pemeliharaan RSUD Tais
20. Bainal Amin ST, jabatan lama Kabid Kawasan Pemukiman Dinas Perkim. Jabatan Baru, Kabid Perindustrian dan Perdagangan Dinas Perindagkop dan UKM.