Hj Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Mewujudkan Bengkulu menjadi Kota Bersih se Indonesia bukanlah hal yang tidak mungkin. Hal tersebut dibutuhkan semangat bersama dan cinta terhadap lingkungan sehat.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, Bengkulu dapat menjadi nomor satu jika pemerintah dan masyarakat bersatu dalam membangun kota sehat tanpa sampah.

“Membangun kota bersih adalah tanggung jawab bersama, tentu itu bukanlah hal yang mudah. Tetapi, kalau kita mempunyai semangat bersama untuk mewujudkan kota sehat, bukan hal yang tidak mungkin untuk mewujudkannya,” kata Riri Damayanti kepada media, Kamis (9/1/2020).

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini menjelaskan, membangun kota sehat haruslah berawal dari kita sendiri. Sebab, dibutuhkan kerjasama untuk mewujudkannya.

“Seperti kita tahu, sampah rumah tangga adalah salah satu pemasok terbesar di Bengkulu. Untuk itu mulai saat ini, kita harus sadar akan bahaya jika kita membuang sampah sembarangan,” ujar Riri Damayanti.

Menurutnya, usaha untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan ini menjadi prioritas yang seharusnya dijadikan sebagai agenda prioritas pemerintah, khususnya pemerintah daerah.

“Seperti terjadinya banjir, disamping karena DAS Bengkulu yang rusak juga akibat dari sampah yang menyumbat perairan. Dan juga, efek membuang sampah sembarangan juga dapat menimbulkan berbagai penyakit yang ditimbulkan,” tambah Riri Damayanti.

Untuk itu, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini berharap agar mentalitas mencintai lingkungan bersih harus berawal dari sendiri, disamping dengan perlunya peran pemerintah daerah tadi.

“Peran pemerintah sangat diperlukan. Misalnya menyediakan tempat sampah di lokasi-lokasi strategis yang hingga kini masih banyak orang yang membuang sampah sembarangn,” ungkap Riri Damayanti.

Bukan hanya itu, Senator muda ini juga meminta agar pemerintah menyediakan tempat sampah hingga lingkup RTRW dan pengeloaan angaran mewujudkan Bengkulu menjadi Kota Sehat Bersih dari sampah.

Untuk diketahui, Komite II DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI. Komite Ii DPD RI memiliki tugas konstitusional untuk memperhatikan urusan daerah diantaranya mengenai Pertanian dan Perkebunan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Energi dan Sumber daya mineral, Kehutanan dan Lingkungan hidup, Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Daerah Tertinggal, Perindustrian dan Perdagangan, Penanaman Modal, dan Pekerjaan Umum. [Medi Muamar]