Aksi demonstrasi ratusan kepala dan perangkat desa di Seluma

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Aksi demonstrasi dilakukan ratusan kepala dan perangkat desa di Kabupaten Seluma, di gedung Sekretariat Daerah (Pemda) Seluma selasa (7/1/2020). Aksi dilakukan mulai dari berkumpul di simpang enam, hingga konvoi menuju gedung pemda. Adapun perkumpulan kepala dan perangkat desa ini, tergabung dalam dua organisasi yakni Persatuan Perangkat Desa (PPDI) dan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (APDESI).

Tuntutan aksi adalah meminta Pemerintah Kabupaten Seluma dapat memberikan gaji sesuai peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2019, sesuai PNS golongan IIa. Dan juga memberikan tunjangan, untuk kepala desa seperti yang diberlakukan tahun 2019 lalu. Diketahui kepala desa pada tahun lalu mendapat upah sebesar Rp. 2 juta untuk gaji pokok, dan Rp. 1 juta untuk tunjangan. Namun setelah keluarnya PP nomor 11 tahun 2019, gaji kades naik menjadi Rp. 2,4 juta namun tidak mengatur adanya tunjangan.

Setelah melakukan orasi, perwakilan massa kemudian melakukan hearing dengan Sekda Kabupaten Seluma, Asisten I, Kabag Hukum, dan perwakilan Dinas PMD. Korlap Aksi, yang merupakan ketua APDESI mengatakan, Pemkab Seluma siap mengakomodir tuntutannya.

“Alhamdulillah sesuai dengan apa yang diamanatkan PP nomor 11 tahun 2019, nanti akan dibahas di APBDP mudah mudahan nanti banggar setuju” jelas Kirman.

Sementara itu Sekda Seluma mengatakan, tuntutan massa akan diakomodir, dan akan dibahas dalan APBD-P 2020 Kabupaten Seluma.

“Karena 10 persen dana dialokasi dana pendamping DD itu tidak cukup, kita rencanakan nanti diperubahan APBD nanti akann kita bayar, apakah nanti penghematan belanja atau mengajukan ke pusat, karena daerah lain ada” jelas Irihadi. [IT2006]