Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Tahapan seleksi Calon Panitia Pemilihan Kecamatan telah memasuki tahap akhir, dari 451 yang sebelumnya mengikuti tes tertulis telah terpilih sebanyak 150 orang atau 10 orang dari 15 kecamatan di Rejang Lebong. Diungkapkan Ketua KPU RL Restu Wibowo berdasarkan hasil perangkingan, pihaknya saat ini telah mendapatkan 10 nama di masing-masing kecamatan di 15 kecamatan yang selanjutkan akan mengikuti tes wawancara. Tes wawancara sendiri dijadwalkan selama tiga hari sejak 8 hingga 10 Februari 2020 mendatang di Kantor KPU Rejang Lebong.

“Tes wawancara yang kita lakukan ini untuk mendalami visi dan misi masing-masing peserta, kita tegaskan dalam perekrutan ini semuanya murni melalui tahapan seleksi dan tidak dipungut biaya,” kata Restu.

Di sisi lain seleksi PPK tak hanya diikuti peserta umum, namun ada juga mantan anggota KPU RL juga turut mendaftar sebagai PPK. Yakni Mansuruddin yang sebelumnya menjabat sebagai Komisioner KPU Rejang Lebong periode 2013-2018, saat ini dirinya mendaftar sebagai PPK Kecamatan Selupu Rejang.

“Memang benar, yang bersangkutan merupakan mantan Komisioner KPU Rejang Lebong, saat ini mendaftar sebagai calon PPK Kecamatan Selupu Rejang,” kata Ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo, Senin (3/2).

Mansuruddin sendiri saat ini sudah berhasil melalui dua tahap seleksi, yakni seleksi administrasi dan seleksi tes tertulis, saat ini namanya masuk dalam 10 besar calon PPK. Meski namanya pernah tercatat sebagai pejabat di KPU, namun Restu menegaskan, pihaknya tidak pilah-pilih, prosedur perekrutan tetap dijalankan.

“Dalam aturan diperbolehkan, yang tidak diperbolehkan itu mantan PPK dua periodesasi berturut, meski demikian proses pendaftaran berlaku sama kepada semua pendaftar, termasuk mantan komisioner,” tegasnya. [Julkifli Sembiring]