Pedomanbengkulu.com, Seluma – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Seluma, sebelumnya sudah membuka masa perpanjangan pendaftaran panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Akan tetapi setelah dibuka selama tiga hari dari 25-27 februari 2020, pelamar PPS masih kurang dari jumlah minimal.

Diketahi ada 20 desa yang belumm memenuhi kuota minimal 6 peserta, sebagaimana yang diatur dalam PKPU. Bahkan ada satu desa yakni Talang Giring, yang jumlah pela,marnya masih kurang dari jumlah yang direkrut yakni tiga orang. Adapun dalam aturan PKPU tidak ada masa perpanjangan pendaftaran kedua, untuk memenuhi jumlah pelamar minimal.

Komisioner KPU Kabupaten Seluma Edi Anzori menyatakan, seleksi tetap berlanjut, dengan mengikuti petunjuk teknis yang ada.

“Pelaksanaan seleksi tetap berlanjut, dengan mengikut petunjuk teknis yang ada, karena masa perpanjangan sudah selesai maka tidak akan ada perpanjangan lagi” jelas Edi Anzori, Jumat (28/2/2020).

Edi menambahkan pihaknya akan melakukan kordinasi dan akademisi, untuk mencari solusi terbaik. Termasuk dengan solusi penempatan pelamat dari desa terdekat, ke desa yang belum memenuhi kuota.

“Akan kami libatkan akademisi, dan nanti hasilnya akan kami lakukan pleno” jelas Edi.

Adapun jumlah tenaga PPS yang akan direkut berjumlah 3 orang untuk setiap desa/kelurahan di Kabupaten Seluma. Dalam seleksi ini, pelamar akan mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara. [IT2006]