PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Baru saja kebakaran hebat melanda bangunan Kedai Bandung yang berlokasi di Jalan S Parman Kelurahan Padang Jati Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu, Selasa malam (10/3/2020).

Bayu, Karyawan Kedai Bandung mengatakan kedai tersebut hari ini memang libur, kobaran api diketahui ketika dirinya bangun tidur hendak ke kamar mandi dan melihat kobaran api berasal dari dapur belakang kedai. Kemudian Bayu langsung mencari air dan berusaha memadamkan namun usahanya itu tidak berhasil karena diduga api begitu cepat membesar.

“Banyak yang kebakar, habis semua barang-barang masih di dalam kedai semua. Yang sempat diselamatkan baju yang dekat-dekat bisa dibawa keluar,” kata Bayu.

Bayu menjelaskan, tabung gas 3 kilo dan 12 kilo yang berada di dalam kedai meledak, namun dirinya tidak terlalu mendengar secara jelas ledakannya karena secara tiba-tiba langsung ada api.

“Api tadi udah besar, belakang kedai ini rumah warga, dan ada rumah kontrakan,” ucap Bayu.

Sementara itu, Kepala Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu Saipul Apandi mengatakan, pihaknya mendapat informasi sekira pukul 19.45 WIB dan terkait adanya kebakaran hebat tersebut. Kemudian pihaknya mengerahkan seluruh armada dengan 50 orang personil. Api berhasil dipadamkan setelah kurang lebih satu setengah jam. Kobaran api yang cukup besar nyaris menyambar dua bangunan yang ada dibagian kiri dan kanan kedai.

“Penyebabnya belum tau, namun diduga masih seputaran arus pendek listrik,” terang Saipul.

Saipul mengungkapkan, api menghabiskan bangunan kedai dan sempat menyambar rumah makan yang bersebelahan namun tidak terlalu parah. Korban jiwa tidak dalam peristiwa ini.

“Dua bangunan yang terbakar, kedai dan warung sebelahnya, untuk penyebabnya mungkin nanti akan didalami pihak kepolisian namun dugaan sementara akibat arus pendek listrik,” jelas Saipul. [Anto]