Senator Bengkulu Hj Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebuah agenda besar dunia akan dihelat mulai 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Presiden Joko Widodo bahkan berulang kali menyebutkan bahwa agenda yang disebut Expo 2020 Dubai ini sebagai agenda dunia terbesar setelah Piala Dunia dan Olimpiade.

Dalam agenda ini, Indonesia berkesempatan untuk menampilkan produk unggulan dan kesenian yang dimiliki. Dalam Expo ke-34 ini, Indonesia menempati zona Opportunity di lokasi strategis seluas 438 hektar yang akan terbagi ke dalam tiga zona, yakni Opportunity sendiri, Mobility, dan Sustainability.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief berharap Pemerintah Daerah di Bengkulu dapat menyambut agenda ini sebagai peluang untuk menampilkan keunikan-keunikan Bengkulu baik dari segi produk maupun keseniannya di mata dunia.

“Produk pariwisata Bengkulu, tariannya, baju adatnya, kerajinan tangannya, makanannya, alat-alat musik tradisionalnya seperti dol yang paling energik di dunia, jiwa toleransi antar agamanya, semua memiliki peluang terekspose dalam agenda ini,” kata Riri Damayanti, Selasa (3/3/2020).

Data terhimpun, diperkirakan akan dihadiri oleh 25 juta pengunjung, ajang World Expo Dubai akan diikuti oleh 192 peserta dari berbagai negara.

“Ini kesempatan emas dan jangan sampai terlewatkan. Misal Festival Tabut yang digelar Bengkulu setiap tahun, tidak sedikit yang menyebut festival ini sebagai perayaan tahun baru Islam terbesar yang pernah ada. Warga Timur Tengah pasti tertarik,” ujar Riri Damayanti bersemangat.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu itu berharap Pemerintah RI dapat memberikan ruang bagi seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk tampil dalam Expo 2020 Dubai ini, khususnya daerah yang tengah berusaha keluar dari ketertinggalan.

“Tapi pemerintah daerah juga harus mampu meyakinkan pemerintah pusat bahwa produk yang ingin ditampilkannya memang berkualitas, bukan ecek-ecek. Mudah-mudahan ini bisa jadi jalan untuk produk-produk Bengkulu go internasional,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, Expo 2020 adalah World Expo yang diprakarsai melalui sidang umum Bureau International des Expositions di Paris. Sidang umum tersebut memberikan Dubai sebagai tuan rumah pada 27 November 2013. [Muhammad Qolbi]