Ilustrasi

Salah satu keutamaan dan kemuliaan dari orang yang dekat dengan Al-quran, mereka akan ditinggikan derajatnya oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Selain itu Allah akan memuliakan mereka dengan balasan yang besar, yakni surga dan kenikmatan yang tiada batas.

Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Umar bin Khatab radiyalahu ‘anhu, bahwa Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Allah mengangakat derajat beberapa kaum melalui kitab ini (Alquran) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula.” (HR Muslim)

Selain hadits ini, juga ditegaskan oleh Firman Allah subhanahu wata’ala yang tercantum di dalam Al-Quran bahwasannya,

“… dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah dan (dengan perumpamaan itu pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk…” (QS al-Baqarah [2]:26)

Dilanjutkan dalam Al-Qur’an surah Al-Isra,

Dan Kami turunkan dari Alquran sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Alquran itu tidak menambah bagi orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS al-Isra [17]:82)

Menurut Maulana Zakariyya al-Khandahlawi dalam kitabnya yang berjudul Fadhilah Amal, barang siapa yang beriman dan beramal dengan Alquran, niscaya Allah akan mengangkat derajatnya dan memuliakannya di dunia dan di akhirat. Siapa saja yang tidak beramal dengan Alquran, Allah pasti menghinakannya.

Dalam sebuah kisah disebutkan, Amir bin Watsilah RA menceritakan bahwa Umar RA telah mengangkat Nafi’ bin Abdul Haris sebagai wali kota Makkah Mukharamah. Suatu ketika Umar bertanya kepada Nafi’, “Siapakah yang dijadikan pengurus kawasan-kawasan hutan?”

“Ibnu Abza RA,“ jawab Nafi’.

Umar RA bertanya lagi, “Siapakah Ibnu Abza itu?”

Nafi’ menjawab, “Ia adalah seorang hamba sahaya.”

Umar RA bertanya, “Mengapa engkau mengangkat seorang hamba sahaya sebagai pengurus?”

Nafi’ menjawab, “Ia adalah hamba sahaya yang senang membaca Alquran.”

Mendengar jawaban itu, Umar RA langsung menyebutkan sabda Rasulullah SAW,
Melalui Al Quran, Allah menghinakan banyak orang dan mengangkat derajat banyak orang.” (HR.Muslim)

Oleh karena itulah sebagai umat muslim, mari kita sering membaca dan mempelajari isi dari Al-quran sehingga dapat menjadi pedoman dalam segala hal dalam aspek kehidupan. Maka kita mampu memperoleh kemuliaan tersebut. [Suci Kusuma]