Pedomanbengkulu.com, Seluma – Memasuki tahun politik dan mendekati pelaksanaan Pilkada 2020, baliho maupun poster bakal calon kepala daerah, mulai bermunculan. Baliho dan poster tersebut menampilkan tokoh yang akan maju sebagai calon Gubernur Bengkulu, maupun calon Bupati – Wakil Bupati Seluma.

Dari pantauan, baliho dan poster tersebar di jalan raya Bengkulu-Manna, mulai dari perbatasan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Seluma di kelurahan Babatan, hingga ke kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Selatan. Baliho juga terdapat di kawasan Simpang Enam kelurahan Talang Saling.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Seluma, Iwan Setiawan mengatakan, pihaknya saat ini sudah melakukan inventarisasi terhadap jumlah baliho, spanduk, dan poster bakal calon kepala daerah yang ada di Kabupaten Seluma.

“Sesuai dengan perintah Bawaslu, sudah kamu lakukan penghitungan terhadap jumlah baliho dan poster bakal calon kepala daerah, dan jumlahnya sudah ratusan” jelas Iwan Setiawan (2/3/2020).

Ditambahkan Iwan, pihaknya belum bisa melakukan penindakan terhadap banyaknya alat bantu kampanye tersebut, karena masa kampanye belum dimulai, dan belum ada penetapan calon dari KPU.

“Tahapan kampanye atau tahapan pencalonan itu memang belum masuk di tahapan, soal kewenangan penertiban ini ada di Pemerintah Daerah. Apakah ini ada izin atau tidak itu wewenangnya bukan di kami atau KPU, tetapi di Pemerintah Daerah” jelasnya. [IT2006]