PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Inspektorat Kota Bengkulu melakukan persiapan launching Barendo Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang akan digelar pada hari Senin (9/3/2020).

Ia mengungkapkan, launching persiapan Barendo Apip sudah memasuki 90 persen hampir rampung. Persiapan ini besok dipastikan bakal rampung seutuhnya. Hal ini disampaikan Sahudin selaku Plt Kepala Inspektorat Kota Bengkulu di Kantor Inspektorat Kota Benglulu, Kamis (5/3/2020).

“Semua persiapan untuk launching Barendo APIP hari ini sudah mencapai 90%, dan di pastikan besok pagi sudah mencapai 100% agar kita juga bisa mengundang pihak terkait dan kegiatan akan langsung dibuka oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan,” ujarnya.

Sambungya, bahwa launching Barendo Apip ini melakukan pengawasan kali ini tidak hanya mengawasi akan tetapi akan ada pemeriksaan dan mulai dari sekarang bisa untuk berkonsultasi.

“Perihal tersebut, pada semester pertama tidak ada pemeriksaan, hanya dilakukan konsultasi terlebih dahulu seperti bimbingan teknis dengan pendampingan dan mengajari,” tutur Sahudin.

Launching Barendo Apip ini nantinya pemeriksaan hanya pada semester kedua, pemeriksaan apabila ada kesalahan saja.

Selain itu, pada launching nanti pihak Inspektorat mengundang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Inspektur se-Provinsi Bengkulu dengan menyediakan 31 nasi jambar untuk makan bersama, sekaligus simbolis hari jadi Kota Bengkulu ke-301.[Soprian]