Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong-Sejumlah wartawan di Kota Curup yang tergabung dalam Forum Jurnalis Rejang Lebong (FJRL), memberikan edukasi terkait pencegahan penyebaran dan penanganan Virus Corona Covid 19, Senin (23/03/2020).

Kegiatan diikuti 100 orang, bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Rejang Lebong, melibatkan anggota PSC 119, BPBD, Ojek Grab, anggota Kodim 0409/RL dan PMI.

“Kegiatan lebih banyak mengedukasi masyarakat dengan penyebaran pamflet dan pemasangan spanduk di lampu merah Sukowati, Simpang Lebong, Pasar Atas, Pasar Bang Mego, SPBU, dan Pasar De. Pemberian masker bagi petugas kesehatan. Sedangkan penyemprotan disinfektan dilakukan di pasar, masjid, gereja dan fasilitas umum lainnya,” kata Ketua FJRL, Nur Muhamad.

Wartawan Antara Bengkulu ini juga menegaskan, akan terus berupaya memberikan pemahaman pada masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus Corona, melalui pemberitaan.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir, mengatakan berterima kasih pada FJRL Rejang Lebong atas kerjasama ini, serta organisasi lainnya.

“Akan terus memberikan edukasi pada masyarakat terkait pencegahan dan penyebaran Virus Corona, melalui elemen kami hingga tingkat desa. Melakukan pola hidup sehat dan bersih,” tambahnya.

Disampaikan Syamsir, Petugas kesehatan akan bekerjasama dengan perangkat desa/lurah untuk melakukan pemantauan siapapun yang akan bepergaian atau kedatangan tamu dari luar.

“Kita sudah menginstruksikan petugas di tiap desa untuk melakukan pemantauan kepada pendatang, sehingga siapa pun yang keluar masuk desa yang pernah ke daerah yang terpapar bisa langsung dilakukan upaya pemantauan dan jika mengelami gejala sakit bisa langsung ditangani petugas Puskesmas dengan berkoordinasi Dinas Kesehatan, Rumasakit dan PSC. Jika menunjukan gejala maka langsung di tangan oleh satgas anti Covid,” kata Syamsir.

Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi yang melepas tim penyemprotan disinfektan ke tempat publik dan juga turun memberikan himbauan kepada masyarakat menyampaikan bahwa kegiatan yang digagas oleh FJRL dan DInkes tersebut sebagai tindakan antisipasi yang perlu dilakukan oleh semua pihak.

“Di Rejang Lebong sampai sekarang belum ada warga kita yang positif terinfeksi Covid-19 ini, kegiatan penyemprotan ini penting sebagai langkah pencegahan dan ini akan kita upayakan bisa berjalan hingga ke tingkat RT. Saya juga mengapresiasi kepedulian kawan-kawan Wartawan dengan mengambil peran dalam Upaya mencegah penyebaran Virus Covid-19 ini. Saya melihat baru di Rejang Lebong ini lah Wartawan yang ikut terjun ke lapangan mudah-mudahan ini juga diikuti oleh Wartawan di daerah lain,” kata Hijazi.

Dandim 0409 RL Letkol Sigit Purwoko yang juga turut serta dalam kegiatan Penyemprotan Disinfektan menyampaikan bahwa dengan banyaknya relawan yang terlibat dalam upaya pencegahan COvid-19, dapat mencegah masuknya Virus tersebut.

“Seluruh aparat pemerintahan di Rejang Lebong ini sudah siaga begitu juga keterlibatan masyarakat, dengan kondisi ini harapan kita Virus Covid ini tidak masuk ke Rejang Lebong. Disatu sisi kita juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat menerapkan perilaku hidup sehat dan mengurangi aktifitas di luar rumah jika tidak penting, ini sebagai upaya memutus mata rantai penularan Virus,” kata Dandim. [Julkifli Sembiring]