PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Dalam rangka mewujudkan masyarakat sadar hukum sejak dini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu mennyosialisasikan Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum) kepada ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Kota Bengkulu, Senin (9/3/2020).

Kepala Kejari Bengkulu Emilwan Ridwan, mengatakan materi yang disampaikan dalam Binmatkum tersebut yaitu terkait kedisiplinan, pengetahuan tentang hukum, sehingga dari awal kesadaran terhadap hukum para pelajar tertanam sejak dini. Selain itu, pihaknya juga memberikan dorongan terhadap pelajar agar menjadi duta anti kriminalitas, kenakalan remaja, anti hoax, anti korupsi serta anti narkoba.

“Harapan kita seperti itu karena para siswa ini merupakan generasi penerus bangsa sehingga dari awal kita memberikan pendidikan hukum sejak dini. Sehingga kedepannya mereka bisa lebih baik dan pilihan cita-citanya bisa tercapai,” kata Emilwan Ridwan.

Emilwan Ridwan menjelaskan, Binmatkum tersebut ditargetkan dapat dilaksanakan sebulan sekali. Binmatkum tersebut juga sudah dilaksanakan di sejumlah sekolah. Dalam hal ini, Kejari Bengkulu bidang Intelejen akan terus menggalakkan program peningkatan kesadaran hukum melalui kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

“JMS merupakan bagian dari kegiatan kita dalam rangka program Binmatkum dan kita melaksanakannya secara rutin di sekolah-sekolah,” jelas Emilwan Ridwan.

Diketahui, sebelum mensosialisasikan program Binmatkum terhadap para pelajar tersebut Kejari Bengkulu terlebihdahulu mengikuti upacara bendera di SMPN 4 Kota Bengkulu yang diikuti kurang lebih 826 siswa. [Anto]