Pedomanbengkulu.com, Seluma – Kendaraan dinas Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Seluma, Zuraini, mengalami kecelakaan pada Minggu (9/3/2020) kemarin. Mobil jenis minibus tersebut bertabrakan dengan sepeda motor yang dikemudikan OA, warga Kecamatan Sukaraja saat melintas di jalan raya Bengkulu-Manna Kelurahan Babatan.

Pasca kecelakaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seluma, Irihadi menyatakan, tanggung jawab perbaikan kendaraan dinas yang rusak tersebut dikembalikan ke pengguna. Pasalnya saat kecelakaan terjadi, kendaraan dinas bukan digunakan untuk kepentingan dinas.

“Kerusakan ditanggung pengguna kalau di luar jam dinas, nanti akan saya panggil (pengguna),” jelas Irihadi, Senin (9/3/2020).

Kendati demikian, Irihadi menyatakan tidak ada larangan kepada pejabat yang memiliki kendaraan dinas, untuk menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Mobil dinas dilarang digunakan untuk kepentingan lain, jika memang tidak sesuai peruntukan.

“Kita kan manusia, pegawai juga manusia. Kecuali dibawa ke tempat tidak bagus, (kalau) mendatangi undangan (boleh). Kecuali dibawa mengangkiut sawit atau ke tempat hiburan, mungkin tidak (boleh),” jelas Irihadi.

Sementara itu pengemudi sepeda motor yang terlibat kecelakaan dengan mobil, diketahui sudah meninggal dunia setelah sempat dibawa ke rumah sakit. OA langsung dibawa ke rumah duka, untuk dikebumikan di tempat pemakaman setempat. Dalam kecelakaan ini, diduga korban OA berkendara dengan kecepatan tinggi, dan terlalu jauh mengambil jalur sehingga terjadi tabrakan. [IT2006]