PedomanBengkulu.com, Lebong – Bertempat di Aula Bumi Swarang Patang Stumang Senin (16/3/2020) dilaksanakan acara pengukuha pengurus, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lebong masa bhakti tahun 2020-2024. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong Mustarani Abidin mewakili Bupati Lebong H Rosjonsyah dalam acara pengukuhan KONI Lebong tersebut, mengapresiasi sekaligus siap mendukung pengembangan prestasi dalam bidang Olahraga di Kabupaten Lebong. Sekaligus menargetkan prestasi KONI Lebong minimal tingkat provinsi.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami siap mendukung dan menyambut baik pengukuhan pengurus KONI Lebong yang baru ini,” ungkap Mustarani Senin (16/3/2020) siang.

Ditambahkan Mustarani, Pemkab Lebong posisinya mendukung semua kegiatan pembinaan prestasi olahraga dengan kepengurusan KONI Kabupaten Lebong yang baru berdasarkan hasil Musda KONI Lebong. Pemkab Lebong tidak akan merecoki hasil Musda. Terkait ASN dalam kepengurusan KONI Lebong, prinsipnya Pemkab tidak ingin mematikan organisasi olahraga itu sendiri.

“Disini kita harus berpikir kepentingan mana yang lebih besar, olahraganya mati atau kita tempatkan orang (ASN,red) yang memang mampu untuk menghidupkan olahraga itu sendiri. kita tetap berkomitmen bahwa kita menyumbang hanya pengurusnya, bukan kapasitas mengolah anggarannya. Selama Musda tidak mencabut mandatnya kepada Donni Swabuana, maka kami selaku Pemerintah Daerah tidak berhak merecoki hasil Musda itu sendiri, karena dalam setiap organisasi Musda adalah keputusan tertinggi,” tegas Mustarani.

Usai dilantik, Ketua KONI Kabupaten Lebong, Donni Swabuana menyampaikan pihaknya siap bekerja dan siap merangkul semua induk Cabang olahraga (Cabor) untuk menghidupkan dan meraih prestasi olahraga. Apalagi, lanjut Donni, sesuai dengan 16 program unggulan Bupati Lebong tentang Lebong berprestasi. Untuk itu, KONI Lebong siap melakukan pembinaan semua Cabor untuk meraih prestasi semua cabang olahraga.

“Kami siap bekerjasama semua sektor untuk meningkatkan prestasi dan target kami Porprov meraih Juara Umum agar bisa mengajukan diri sebagai tuan rumah Porprov selanjutnya,” singkat Donni.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi Bengkulu, Mufran Imron menyebutkan dengan terbentuknya kepengurusan KONI Lebong, setidaknya salah satu PR pihaknya sudah selesai dikukuhkan. Jika selama ini kepengurusan KONI Lebong mati suri, dengan adanya kepengurusan yang baru dirinya berharap kedepannya prestasi Olahraga Kabupaten Lebong akan terus berkembang.

“Terkait KONI Lebong menargetkan sebagai juara umum Porprov, itu bisa saja tercapai. Karena sebelumnya tanpa KONI, hanya melalui pengurus Cabor saja sudah bisa meraih peringkat keempat, apalagi sekarang sudah terbentuk kepengurusan KONI Lebong tentunya target itu bisa saja tercapai diraih,” tegas Mufron. [Supriyadi]