Pedomanbengkulu.com, Seluma – Pemerintah Republik Indonesia, telah mengumumkan adanya dua orang WNI yang terjangkit virus Corona, yang berada di Depok Jawa Barat. Kedua warga tersebut kini sedang dalam tahap isolasi dan mendapat penanganan medis. Masuknya virus corona ke Indonesia, membuat seluruh daerah di Indonesia melakukan antisipasi, termasuk di Kabupaten Seluma.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Seluma, Arlan Aksa, Senin (2/3/2020) menyatakan, pihaknya saat ini telah siap melakukan penanganan tercepat bila terdapat warga yang diduga suspect corona.

“Tim medis dari seluruh puskesmas maupun di rumah sakit sudah tersedia dan selalu bersiaga, untuk melakukan penanganan,” jelas Arlan.

Dinkes juga terus berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, dan telah mendapat imbauan agar melakukan antisipasi terhadap virus corona. Akan tetapi bila terdapat pasien yang diduga suspect corona, pasien akan langsung dibawa ke Rumah Sakit M Yunus Bengkulu. Ini karena keterbatasan peralatan di RSUD Tais Kabupaten Seluma.

“Rumah sakit (RSUD Tais) hanya untuk penanganan sementara, dan harus segera dibawa ke rumah sakit tipe A yakni RSUD M Yunus di Kota Bengkulu. Karena disini tidak terdapat ruang isolasi,” jelas Arlan.

Kendati demikian, Arlan memastikan, hingga saat ini belum ada warga Seluma yang dilaporkan suspect corona, ataupun mengalami gejala penyakit yang sudah menyebar di banyak negara tersebut. Masyarakat pun dihimbau untuk menjaga pola hidup sehat, agar terhindar dari segala macam penyakit. [IT2006]