PedomanBengkulu.com, Seluma – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu akan terus melakukan upaya penindakan tegas, terhadap upaya jual beli benur atau anak lobster yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu, termasuk di Kabupaten Seluma.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi usai mengunjungi Pemkab Seluma, Senin (16/3/2020) mengatakan, pihaknya akan terus melaksanakan tugasnya sesuai undang undang, agar tindak penyeludupan dan jual beli anak lobster bisa diberantas.

“Kami akan tindak apabila masih ada tindakan yang tidak sesuai undang undang, tunggu saja nanti, kemarin bulan november, kita lihat saja nanti dalam waktu dekat” jelas Yustus.

Tak hanya mengenai pemberantasan jual beli anak lobster, Yustus menyatakan Pos Angkatan Laut (POSAL) di desa Pasar Seluma kecamatan Seluma Selatan akan terus dibenahi, agar pelaksanaan tugas AL menjaga perairan dapat semakin optimal.

“Posisi dari POSAL Seluma ini juga dekat dengan wilayah Manna dan Kaur, untuk mendeploy personil akan saya pusatkan di Seluma ini, apabila kabupaten di sebelah membutuhkan bisa didukung dari Seluma” jelas Yustus.

Lanal Bengkulu juga akan meningkatkan sosialisasi dan pengawasan, terhadap nelayan di Seluma, agar konflik dengan nelayan trawl tidak terjadi lagi. Pengawasan terhadap nelayan trawl juga akan terus dilakukan.

“Tetap kita melaksanakan pembinaan pengawasan, terhadap kegiatan nelayan yang ada, dan meningatkan apabila mereka melakukan tindakan yang dilarang. Sebelumnya kita harus melakukan pendekatan terlebih dahulu” jelasnya. [IT2006]