Walikota Bengkulu H Helmi Hasan saat memberikan sembako kepada salah satu warga yang terdampak Covid-19, Sabtu (18/4/2020).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu hari ini mulai mendistribusikan bantuan sembako door to door bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Corona Virus (Covid-19).

Pembagian sembako tahap pertama di empat titik diantaranya kecamatan Teluk segara, Muara Bangkahulu, Sungai Serut dan kecamatan Kampung Melayu.

Seperti yang kita ketahui pendistribusian sembako ini langsung dikawal oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi beserta Forum kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Organisasi perangkat daerah (OPD), Camat, Lurah, Ketua RT, tokoh agama, Tokoh Adat, Linmas semua bersatu saling membantu dalam pendistribusian.

Dikatakan oleh Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan pendistribusian sembako tahap pertama ini semua masyarakat Kota Bengkulu insyaallah semuanya akan mendapatkan sembako.

Ia menekankan, seluruh masyarakat yang tinggal di Kota Bengkulu insyaallah semuanya akan mendapatkan sembako.

“Seluruh masyarakat Indonesia yang tinggal di Kota Bengkulu insyaallah semuanya akan mendapatkan sembako, karena covid-19 ini adalah bencana sosial secara Nasional, dan Pemkot akan terus mengupayakan terus menghadirkan kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat walaupun sedang dalam musibah pandemi,” jelas Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Wakil Walikota Dedy Wahyudi ikut serta dalam pembagian sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Relokasi anggaran bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi ini senilai Rp204 miliar dari APBD Kota Bengkulu, anggaran ini sepenuhnya untuk mengatasi perekonomian masyarakat yang terdampak langsung akibat Covid-19.

“Anggaran untuk penanganan ekonomi masyarakat Kota Bengkulu akibat Covid-19 termasuk tiga besar se-Indonesia, dengan anggaran tersebut kita akan mengatasi perekonomian masyarakat yang terdampak langsung perekonomiannya,” tukas Helmi Hasan.

Pembagian sembako akan dibagikan secara bertahap agar pendistribusian berjalan baik dan tertib sehingga setiap warga Kota Bengkulu bisa merasakan bantuan dari pemerintah.

“Dengan bertahapnya pendistribusian ini karena bulog hanya mampu menyediakan perminggu hanya bisa mempacking 40.000 karung, dengan keterbatasan itulah Pemkot akan mendiskusikan tahap pertama 5 kg, dengan bertahan hingga sampai 20 kg dan 2 dus mie instan, akan dibagikan kepada setiap rumah warga di Kota Bengkulu,” papar Helmi Hasan.

Dengan keterbatasan itulah pemkot hanya bisa mendistribusikan sesuai dengan kemampuan yang ada, hingga nantinya jumlah per KK akan mendapatkan 20 kg.

“Pendistribusian hari ini 5 kg beras dan satu dus mie instant, sesuai kemampuan ketersediaan pengemasan dari Bulog, sehingga kini yang bisa dibagikan bertahap, namun nanti kita akan bagikan kembali,” tutupnya. [Soprian]