Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara- Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara berhasil meringkus tersangka pencabulan anak di bawah umur IS (23) yang merupakan warga Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam Press Rilis yang dilakukan oleh Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara, Kasat Reskrim Polres Bengkulu Utara AKP Jery Antonius Nainggolan, S.IK menjelaskan bahwa pelaku telah melakukan pencabulan kepada korban yang merupakan warga di Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara yang masih di bawah umur sebanyak dua kali. Modus yang diterapkan pelaku yakni dengan merayu korban dengan kata-kata manis bahwa dirinya sayang dengan korban dan mengaku siap bertanggung jawab apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

”Hubungan pelaku dengan korban statusnya berpacaran sejak bulan Januari 2020 lalu. Setiap malam minggu pelaku mengunjungi korban, namun bukan ke rumah orang tua korban tetapi di rumah temannya. Selama pacaran mereka pergi jalan berdua baru dua kali (pada saat kejadian pencabulan terjadi) dan mereka berkomunikasi melakui akun media sosial Facebook,” ungkap Kasat Reskrim, Senin (13/4/2020).

Perbuatan bejat pelaku tersebut sudah dilakukan dua kali. Kejadian pertama dilakukan pelaku pada pertengahan Februari 2020 sekira pukul 22.00 wib di salah satu bangunan kosong di persawahan padi Kecamatan Arma Jaya. Perbuatan kedua dilakukannya pada pertengahan Maret lalu di kamar rumah pelaku, sekira pukul 13.00 siang. Proses penangkapan pelaku pencabulan dilakukan pada Selasa 7 April 2020 di rumah pelaku, tetapi pada saat itu belum mendapatkan hasil lantaran pelaku tidak berada di rumah. Penangkapan dilanjutkan keesokan harinya dan pelaku dapat diamankan tanpa melakukan perlawanan di kediamannya.

“Pelaku berhasil kami amankan Rabu 8 April 2020, di rumahnya. Situasi cukup terkendali dan pelaku ditangkap tanpa perlawanan,” ungkap Kasat.

Atas perbuatannya pelaku dapat dikenakan pasal 81 ayat (2) sub pasal 82 ayat (1) Jo Pasal 76 E UU RI nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI no 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. [Sugeng]