PedomanBengkulu.com, Bengkulu –Ditahun 2020 ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu akan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR), hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pendis nomor B-173/DJ.I/TL 00/04/2020.

Ketua Panitia KKN-DR IAIN Bengkulu, Dr. Rahmat Ramdhani, M.Sos.I menyampaikan, “KKN-DR diselenggarakan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19,” ungkapnya. Selasa (12/5).

Lebih jauh dijelaskannya, KKN-DR adalah bentuk pengabdian mahasiswa secara individu dari rumah selama 30 hari dibulan Juli 2020 mendatang. Mekanisme pelaksanaannya akan dilakukan secara online, mulai dari pendaftaran, pembekalan, pelaksanaan hingga pelaporan.

“Adapun bentuk kegiatan KKN-DR ini meliputi bidang ibadah, bidang sanitasi lingkungan dan bidang akademik,” jelasnya.

Ketua Panitia KKN-DR IAIN Bengkulu, konsep KKN-DR ini sama dengan bentuk KKN di masyarakat, hanya saja objek pengabdiannya adalah keluarga kita sendiri.

“Kalo di masyarakat mahasiswa menjadi imam, muadzin dan mengajar ngaji di TPQ, nah kalo KKN-DR mahasiswa menjadi imam, mengajar ngaji bagi keluarganya masing-masing. Kalo di masyarakat mahasiswa bersih-bersih masjid, makam dan kantor desa, nah kalo KK-DR mahasiswa lebih peduli dengan kebersihan lingkungan rumahnya. Begitu juga di bidang akademik, kami berharap mahasiswa tetap produktif membuat karya tulis ilmiah selama KKN-DR,” harapnya.[Kucir.06]