PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Kementerian Sosial akan salurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 6.107 kuota kepala keluarga di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Melalui Dinas Sosial, Kementerian Sosial akan menyalurkan bantuan untuk masyarakat BST sebesar Rp600.000/bulan selamat 3 bulan. Yang dimulai dari April hingga Juni mendatang. Melalui Kepala Dinas (Kadis) sosial kabupaten Bengkulu Tengah Nurul Iwan Setiawan M.Si kepada PedomanBengkulu.com saat ditemui di ruangannya menjelaskan untuk penerimaan BST saat ini masih dalam pengolahan data. Agar pembagian BST di setiap-setiap desa tidak terjadi data ganda.

“Untuk sekarang kita masih mencocokkan data dari desa dan kementerian. Dimana kalau ada warga yang terdaftar tetapi dia sudah pindah atau yang lainnya,” jelas Iwan, Senin (04/05/2020).

Iwan juga menjelaskan untuk nama-nama yang terdaftar, telah ditentukan dari Kemensos pusat yang diambil dari sumberdata terpadu kesejahteraan sosial yang dikirim melaui aplikasi Kemensos dan didistribusikan oleh Dinas Sosial Benteng ke desa-desa se-kabupaten untuk dilakukan verifikasi oleh Kepala Desa (Kades) terkait data yang dikirim oleh Kemensos jika ada perubahan.

“Jika bantuannya ada sedangkan orangnya tidak ada, nanti bantuan tidak bisa kita distribusikan untuk orang tersebut,” tambah Iwan.

Sampai saat ini, Dinas Sosial kabupaten Bengkulu Tengah. Sudah mendapatkan sebagian desa melakukan verifikasi perubahan data atau perubahan nama untuk penerimaan BST nantinya.

“Sebagian Desa sudah ada yang menyampaikan pergantian nama. Dan untuk desa yang tidak melakukan verifikasi, kita anggap tidak ada untuk perubahan nama,” tegasnya.

Kepala Dinas Sosial Benteng juga menegaskan untuk nama yang telah menerima PKH atau BLT DD nantinya agar tidak terdaftar kembali untuk penerimaan BST. Supaya bantuan untuk penanggulangan Covid-19 nantinya bisa merata atau menyeluruh.

“Yang menerima PKH atau sembako dari program Dinas Sosial kita tekankan agar tidak terdaftar sebagai penerima BST dan BLT DD nantinya,” tutup Iwan. [Hendri Suwi]