PedomanBengkulu.com Bengkulu Tengah – Untuk Penanganan warga terdampak Covid-19, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mulai salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Pematang Tiga Lama kecamatan Pematang Tiga dan Desa Taba Jambu Kecamatan Pondok Kubang menjadi jadwal pertama Pemkab Benteng salurkan BLT DD pada Selasa (05/05/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, M Syahroni mengatakan setelah melakukan monitoring di 9 Kabupaten, bahwa seluruh kabupaten sudah membuat program BLT DD. Namun untuk kabupaten Bengkulu Tengah menjadi yang pertama dalam mencairkan dana BLT DD di Provinsi Bengkulu.

“Alhamdulillah setelah dilakukan monitoring hari ini kita sudah bisa salurkan BLT DD ke masyarakat Bengkulu Tengah yaitu di Desa Pematang Tiga Lama dan Desa Taba Jambu dan akan diikuti oleh desa lainnya,” jelas M Syahroni

Setiap Masing-masing penerima akan mendapatkan Rp 600.000 ribu selama tiga bulan. Adapun pihak yang berhak menerima BLT DD adalah keluarga miskin atau pra sejahtera, yang belum terdaftar dan kehilangan mata pencaharian akibat COVID-19.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkulu Tengah, Septi Peryadi berharap kepada masyarakat Bengkulu Tengah yang tidak menerima BLT DD untuk tidak berkecil hati, BLT DD tidak hanya satu-satunya bantuan yang diberikan oleh pemerintah, ada bantuan lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta Kartu Pra kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Bantuan dari Pemerintah Provinsi, Pemkab dan masih ada bantuan yang lainnya.

“Namun Tetap Bantuan ini tidak boleh tumpang tindih sehingga penyalurannya benar- benar tepat, bagi masyarakat yang sudah mendapatkan BLT untuk tidak mendapatkan bantuan lainnya agar semua masyarakat mendapatkan bantuan Pemerintah secara merata,“ pungkas Septy. [Hendri Suwi]