PedomanBengkulu.com, Lebong – Masih seputar dugaan penyebaran informasi hoax tentang Covid-19 yang saat ini ditangani Polres Lebong. Senin (11/5/2020) Pimpinan Cabang (Pincab) Bank Bengkulu Cabang Muara Aman (BaBe MaMan) berinisial SR penuhi panggilan polisi. Kedatangan pejabat bank milik daerah tersebut di Mapolres Lebong sekitar Pukul 10.00 WIB, langsung menghadap tim penyidik Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satreskrim Polres Lebong untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan penyebaran informasi hoax yang sudah dilakukannya.

Tentunya masyarakat Lebong ini layak menunggu, terkait tindak lanjut dalam penanganan dan upaya pencegahan Polres Lebong untuk menangkal merebaknya informasi hoax ditengah pandemi virus Covid-19 seperti saat ini.

Selain itu, ada harapan besar untuk penanganan kasus ini, Polres Lebong tidak tebang pilih sebagaimana gerak cepat saat Polres Lebong menangani adanya postingan hoax Covid-19 oleh salah satu akun perempuan baru-baru ini. Walaupun berakhir dengan hanya permintaan maaf, tetap saja video permintaan maafnya di share di akun resmi medsos milik Polres Lebong untuk meredam isu hoax tersebut.

Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur SIK melalui Kasat  Reskrim, Iptu Andi Ahmad Bustanil didampingi Kanit Pidum Ipda Hardi Yanto Daenk kepada PedomanBengkulu.com Senin (11/5/2020) siang. Disampaikan Daenk, bahwa pihaknya sudah mendengarkan klarifikasi dari kepala Bank tersebut. Dalam klarifikasi memang ada pengakuan bahwa SS mengakui dirinya sudah membagikan postingan tersebut.

“Hari ini SR memenuhi panggilan penyidik, untuk diadakan klarifikasi atas penyebaran informasi yang sementara ini kita anggap Hoax,” ungkap Daenk.

Namun demikian, lanjut Daenk, untuk sementara pihaknya belum bisa menyampaikan hasil klarifikasi kepala Bank tersebut, apakah ada unsur pidana UU ITE apa bukan. Hal itu dikarenakan pihaknya masih membutuhkan informasi dan bukti-bukti selanjutnya.

“Kita perlu mendalami perkara ini dan melengkapi data terhadap penyebaran hoax ini, untuk kita lakukan tindakan selanjutnya. Bukti postingan yang dibagikan SR sudah kita dipegang. Selanjutnya akan memanggil beberapa pihak-pihak lain guna mendalami perkara ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kacab Bank Bengkulu Cabang Muara Aman, SR ketika diminta konfirmasi awak media saat meninggalkan Gedung Satreskrim Polres Lebong. Belum mau memberikan ketenangan dan mempersilakan awak media untuk mengkonfirmasi langsung kepada pihak penyidik.[Supriyadi]