PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Salah satu rumah milik warga di Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu tepatnya belakang Terminal Sungai Hitam hangus terbakar saat kondisi rumah dalam keadaan kosong, Selasa malam (2/6/2020).

Gusti Angga Rianto pemilik rumah mengaku tidak mengetahui rumahnya kebakaran karena saat itu ia tidak ada di rumah melainkan sedang di rumah mertua. Rumah kayu berukuran 6×8 meter itu tidak ada listrik dan penerangannya hanya menggunakan lampu cas. Kobaran api menghanguskan seluruh rumah dan surat-surat berharga yang tersimpan di dalam rumah tersebut.

“Tidak ada listrik penerangan hanya pakai lampu cas, tadi saya ditelepon sama anak bahwa rumah kebakaran,” kata Gusti.

Gusti mengatakan, saat mendapat informasi itu ia langsung pulang dan melihat tempat tinggalnya hangus akibat amukan jago merah tersebut.

“Tadi adik yang nunggu pak pas sudah mahgrib dia keluar. Semenjak digusur tidak ada listrik. Saya tingga disini sejak tahun 1999 silam, saya kerja srabutan pak,” ucap Gusti.

Gusti menuturkan, kerugian yang dialami sekitar 60 jutaan. Ia mengaku setelah rumahnya tersebut terbakar kemungkinan dia memanfaatkan bahan-bahan yang masih bisa dimanfaatkan untuk membuat tempat tinggal sementara.

“Mungkin dengan seng seadaanya saya tegakkan disini pak. Saya tidak punya tempat tinggal lain pak,” terang Gusti.

Sementara itu, Kapolsek Muara Bangkahulu Kompol Jauhari mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut sekira pukul 21.30 WIB. Kemudian pihaknya langsung berkordinasi dengan pemadam kebaran Kota Bengkulu serta langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama anggota.

“Rumah papan kayu tanpa listrik habis dilalap api, asal apinya belum diketahui dan kerugiannya belum bisa di tafsir. Yang jelas ada ijazah SD, SMP, dan SMA habis kebakar. Api berhasil padam pukul 21.55 WIB dengan dua unit mobil pemadam. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” jelas Jauhari.

Jauhari menambahkan, tim identifikasi dari Polres Bengkulu melakukan olah TKP untuk mengetahui asal api yang membakar rumah tersebut dan saat ini masih dalam penyelidikan.

“Saat ini masih penyelidikan apakah disengaja atau tida kita belum tau, yang jelas apinya berhasil dipadamkan,” terang Jauhari. [Anto]