PedomanBengkulu.com Rejang Lebong – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, sejak 29 Juni hingga 12 Juli melaksanakan Verifikasi Fatual terhadap dukungan pasangan perserorangan Syamsul Effendi- Hendra Wahyudiansyah. Disampaikan Anggota KPU Rejang Lebong Visco Putra Alexander, KTP Dukungan yang di Verfak oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 15 kecamatan yakni sebanyak 24687 dukungan. Masyarakat juga boleh ikut memantau Verfak yang dilakukan oleh petugas.

“Data dukungan sudah kita serahkan seluruhnya ke petugas untuk dilakukan Verfak, pelaksanaan Verfak ini akan berlangsung hingga tanggal 12 Juli 2020. masyarakat juga boleh terlibat melakukan pengawasan dan pemantauan Verfak ini namun tidak boleh melakukan intervensi baik kepada petugas ataupun Warga yang KTPnya mauk dalam data pendukung pasangan Calon,” Kata Visco yang , Bagi dan bagi, Selasa (30/6/2020).

Ditambahkan Visco, kegiatan Verfak yang dilakukan di 156 Desa /Kelurahan dilakukan oleh 456 petugas PPS dan masing masing Desa 1 pengawas. Dalam menjalankan Verfak ini, seluruh petugas menjalankan protokol kesehatan.

“Seluruh petugas sebelum melaksanakan Verfak, sudah menjalani Rapid Test dan pada saat menjalankan Verifikasi juga menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid 19. Setiap petugas dibekali dengan APD seperti masker, sarung tangan, hand sanitazer, face shield, dan Thermo gun,” kata Visco.

Visco juga menyampaikan, sejak dilaksanakan Verfak tersebut yakni pada tanggal 29-30 Juni, petugas belum menemukan kendala yang berarti. KPU Sendiri menargetkan setiap harinya proses Verfak ini bisa mencapai 10 persen.

” Dihari pertama kemarin verfak mencapai 6,6 persen dari seluruh jumlah dukungan, ini dibawa target kita, namun bisa dikamlumi karena pada hari pertama ini kita baru mengirimkan APD kepada petugas. Untuk hari ini hingga kedepan kita targetkan proses Verfak ini bisa mencapai 10 persen perhari, sehingga pada tanggal 12 Juli seluruh dukungan tuntas di verifikasi,” pungkas Visco. [Julkifli Sembiring]