PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Kades di Kecamatan Bang Haji mengantar langsung bantuan BLT-DD ke rumah warga yang terdata sebagai penerima dan berhalangan hadir dalam pelaksanaan pembagian bantuan di balai desa.

Desa Bang Haji Kecamatan Bang Haji Bengkulu Tengah pada Jum’at (5/6) pagi, mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat. Damrul Kepala Desa (Kades) desa Bang Hiji menjelaskan, setelah selesai melakukan pencairan dana desa yang masuk ke rekening desa dan pengolahan data warga dengan mencocokkan data penerima bantuan sosial seperti BST, PKH, BPNT dan bantuan lainnya yang bersumber dari dinas sosial. Melalui musyawarah desa, menetapkan sebanyak 86 KK berhak meneriman bantuan BLT-DD Rp600.000/KK setiap bulan selam tiga bulan ke depan.

“Jumlah tersebut, Pemdes peroleh sesuai rekapan dan musyawarah desa yang menjadi acuan Permendes nomor 6 Tahun 2020,” jelasnya, Jum’at (05/06/2020).

Dari pantauan PedomanBengkulu.com, beberapa warga yang berhalangan hadir dalam pembagian, Damrul Kades Bang Haji langsung menyalurkan bantuan secara tunai dengan mendatangi rumah-rumah penrima bantuan BLT-DD.

“Mereka yang berhalangan hadir, seperti lansia atau warga yang sedang mengalami sakit. Kita antar langsung ke rumah biar mereka bisa segera memanfaatkan bantun guna membeli berbagai kebutuhan atau membeli obat-obatan.” tegas Damrul Kades desa Bang Haji.

Di samping itu, Damrul juga mengimbau, kepada masyarakat agar lebih meningkatkan lagi kewaspadaan terhadap ancaman virus corona. Mengingat kecamatan Bang Haji sudah dinyatakan zona merah oleh gugus tugas perkembangan penanganan Covid-19 Bengkulu. [Hendri Suwi]