PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Update terkini (01/06/2020) perkembangan kasus Corona Virus (Covid-19) Provinsi Bengkulu terjadi penambahan satu kasus konfirmasi Positif Covid-19 dan sembuh tiga orang.

Disampaikan oleh juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu Jaduliwan menyampaikan Pasien sembuh merupakan kasus 18 (27 th) yang merupakan tenaga kesehatan berasal dari Kota Bengkulu. Kasus 20 (50 th) berasal dari Kabupaten Tengah. Kasus 26 (24 th) dari Kabupaten Mukomuko.

“3 kasus Covid-19 sudah dinyatakan sembuh saat ini, masih berada di Rumah Sakit Harapan Hidayah Kota Bengkulu,” terang Jubir Gugus Tugas saat menggelar update kasus Covid-19 secara virtual, Senin(01/06/2029).

Jaduliwan menjelaskan untuk tambahan satu kasus konfirmasi berasal dari kabupaten Rejang Lebong dengan jenis kelamin perempuan (56), dengan keluhan lemas, mual, dan muntah. Beliau sempat rapid test, dan hasilnya reaktif.

“1 kasus konfirmasi untuk hari ini dilaporkan dari kabupaten Rejang Lebong, sehingga saat ini masuk sebagai zona merah. Saat ini pasien sedang menjalani perawatan di RSUD Curup,” terang Jaduliwan.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menerangkan persediaan reagen saat ini masih mencukupi untuk 1 bulan ke depan. Sehingga, ke depan akan dilakukan pemeriksaan SWAB yang lebih agresif lagi.

“Untuk tes PCR sudah 3 kali dilakukan pemeriksaan, dengan rata-rata pemeriksaan 40 hingga 45 spesimen. Untuk persediaan reagen, kita mendapatkan support sejak awal dari gugus tugas pusat yaitu 4.800 reagen, artinya masih tercukupi dalam jangka waktu sebulan ini, nanti juga akan dicoba secara langsung, dengan pemeriksaan real time PCR, artinya kita dapat mengetahui hasil secara langsung dengan validitas tinggi,” jelas Herwan.

Lebih lanjut, Herwan menerangkan jumlah
Catridge yang tersedia saat ini sudah sangat terbatas, sebelumnya gugus tugas pusat mensupport sebanyak 300 catridge, dan yang telah digunakan sebanyak 250 catridge.

“Kita akan segera mengusulkan kembali ke gugus tugas pusat, untuk penyediaan catridge. Semoga akan cepat mendapat respon, dan tersalurkan dengan lancar,” pungkas Herwan [Soprian Ardianto]