PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Jajaran Polres Rejang Lebong Polda Bengkulu dalam seminggu terakhir berhasil melakukan penangkapan terhadap 2 pelaku kejahatan yakni AS (26) pelaku pembegalan di Jalan Umum Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang pada tanggal 1 Juli 2020 dan YRI (19) pelaku pencurian sepeda motor di Toko Indomaret Air Rambai pada tanggal 3 Juli 2020. Disampaikan Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono, Senin (6/7/2020) pada Konprensi Pers, Penangkapan kedua pelaku kejahatan ini dilakukan pada waktu dan tempat berbeda.

” Tersangka AS ditangkap pada tanggal 5 Juli di kediamannya di Desa Cawang Lama, sedangkan ARL diamankan di jalan Lintas Curup – Lubuk Linggau. Untuk tersangka AS ini kita jerat dengan pasal 365 KUHP dan ARL dijerat dengan Pasal 363 KHUP,” kata Kapolres.

Ditambahkan Kapolres dari kedua pelaku kejahatan tersebut berhasil diamankan 3 unit sepeda motor yakni dari tangan AS dimankan 1 unit sepeda Motor Honda Sonic hasil kejahatan dan 1 Sepeda Motor Yamaha Mio, 1 potong kayu yang digunakan memukul korban. Sedangkan dari tangan YRL diamankan 1 unit sepeda motor Yamaha R15 yang digunakan pelaku dan rekanya melakukan pencurian sepeda motor dan 1 Kunci T.

“Seluruh barang bukti dan peralatan yang digunakan melakukan kejahatan sudah diamankan bersama tersangka. Untuk sepeda motor Honda Sonic 9 tersebut sudah semapat di jual oleh tersangka AS kepada Penadah ke wilayah Binduriang dengan harga Rp 3,5 Juta. Untuk penadah identitasnya sudah kita kantongi dan saat ini masih dalam pengejaran. Sedangkan untuk rekan YRL yang melakukan aksi pencuriaan di Air Rambai identitasnya kita kantongi dan juga dalam pengejaran,” lanjut kapolres.

Kronologi penagkapan AS berawal setelah pihak polsek Curup menerima laporan dari korban dan selanjutnya melakukan koordinasi dengan sat reskrim dan Sat Narkoba Polres Rejang Lebong. Setelah dilakukan Maping dan akhirnya berhasil menagkap pelaki pembegalan, selanjutnya setelah penagkapan AS, dilanjutkan dengan melakukan pengejaran terhadap penadah sepeda motor hasil pembegalan tersebut di wilayah Desa Tanjung Merindu Kecamatan Binduriang

” Untuk tersangka YRL ini kita amankan setelah mendapat informasi paska pencurian di Indomart Air Rambai, Pengejaran dilakukan kearah Jalan Lintas Curup – Lubuk Linggau, Tersangka YRL berhasil dicegat oleh personil polsek Sindang kelingi berikut sepeda Motor yamaha R15 yang dikendarainya, sedangkan rekanya yang mengedaria sepeda motor hasil curian berhasil melolosakan diri,” Pungkas Kapolres. [Julkifli Sembiring]