PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Kabar tidak mengenakkan kembali datang dari Kabupaten Bengkulu Utara. Setelah sempat dinyatakan zona merah beberapa waktu lalu karena ada salah satu warga Kecamatan Lais positif Covid-19, Sabtu (18/7/2020) satu lagi warga Bengkulu Utara positif terinfeksi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh juru bicara gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bengkulu Utara, Syamsul Maarif, SKM, M.Kes, bahwa 1 orang warga Kabupaten Bengkulu Utara dinyatakan positif Covid yaitu EL (40) warga Kecamatan Lais dan pasien tidak ada keluhan. Pasien pernah melakukan kontak dengan pasien sebelumnya.

“Ada 4 zona resiko menurut tim gugus Covid 19 pusat yaitu zona hijau, zona kuning, zona orange dan zona merah,” ungkap Samsul Ma’arif.

Ditambahkan Samsul, Kabupaten atau Kota yang ada tambahan kasus positif Covid-19 bukan berarti zona merah, karena harus menunggu keputusan dari tim gugus Covid-19 pusat.

“Semua kegiatan tidak dibatasi, tetapi harus mengikuti petunjuk dan Surat Edaran (SE) Bupati, surat edaran Pemerintah Pusat dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan dan tenaga medis yang menangani pasien, keluarga dan masyarakat sekitar akan dilakukan rapid test,” imbuhnya. [Sugeng]