PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke 75 tahun, jajaran Polda Bengkulu dan jajaran Korem/041 Garuda Mas (Gamas) Bengkulu beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Bengkulu melaksanakan Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar Kota Bengkulu, Senin (17/8/2020) sekira pukul 24.00 WIB.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Teguh Sarwono, M. Si bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara yang bertindak sebagai Perwira Upacara (Paup) diemban oleh AKP. Tomson Sirait, S.Sos dan sebagai Komandan Upacara adalah Kompol Tambok Simanjuntak.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, S.Sos, MH mengatakan, kegiatan apel kehormatan dan renungan suci ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya sebagai penghormatan kepada pahlawan pada peringatan hari kemerdekaan.

“Ini dilaksanakan sebagai tanda penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Sudarno.

Apel Kehormatan dengan penyalaan api obor dan doa serta mengheningkan cipta dipimpin Kapolda Bengkulu.
Apel kehormatan dan renungan suci ini juga diikuti sekitar 30 anggota gabungan TNI-Polri.

Jumlah ini jauh lebih sedikit dari tahun sebelumnya mengingat masih merebaknya virus Covid-19 sehingga harus sesuai dengan protokol kesehatan salah satunya jaga jarak fisik. Namun jumlah tidak mengurangi kekhidmatan personel untuk mempersembahkan penghormatan kepada arwah-arwah pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga diikuti oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kasrem 041 / GAMAS Kolonel ARH M Fachmi Rizal Nasution, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri serta Unsur Forkopimda Provinsi Bengkulu lainnya. [Anto]