PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas kelaut dan perikanan (DKP) Kota Bengkulu menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75 dengan tema ‘Indonesia Maju’, melakukan ‘dive trip‘ salah satu ekowisata bawah laut Bengkulu yakni di Pulau Tikus, Sabtu (15/8/2020).

Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar di dunia. Tak hanya terkenal akan kepulauannya yang banyak, Indonesia sendiri memiliki ribuan destinasi wisata, salah satunya Pulau Tikus yang memiliki titik spot bagi yang berkeinginan melakukan menyelam dibawah laut atau sering dikenal dengan istilah diving.

Disampaikan Kepala DKP Kota Bengkulu Syafriandi, kegiatan dive trip ini adalah dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 mendatang tepatnya 17 Agustus 2020. Dengan menyambut hari kemerdekaan dengan cara diving kita bisa memaknai akan pentingnya ekosistem laut dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah-putih.

“Dengan menyambut kemerdekaan RI ke-75 dengan tema Indonesia Maju. Kita memberikan semangat juang dari bumi Rafflesia untuk memaknai Kemerdekaan, serta menjaga ekosistem laut Kota Bengkulu. Semoga melalui kegiatan ini, pulau Tikus mendapatkan perhatian dari Pemerintah Pusat akan keberadaan dan pesonanya,” ujar Syafriandi.

Setelah mengibarkan bendera merah putih di Pulau Tikus di kedalaman 15 meter di bawah dasar laut DKP Kota Bengkulu melakukan diving trip bersama beberapa Komunitas Diving Kota Bengkulu. Selain itu, Pemkot Bengkulu melalui DKP merencanakan revitalisasi dan telah mengajukan kepada Pemerintah Pusat.

“Rencana revitalisasi sudah kita ajukan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). untuk waktunya, revitalisasi Pulau Tikus kemungkinan besar belum bisa terealisasi dalam waktu dekat. Karena saat ini memang alokasi anggaran yang terbatas. Namun, kami akan terus berusaha untuk menjemput dana tersebut,” jelas Syafriandi.

Diketahui kegiatan ini juga diikuti Pangkalan Angkatan Laut Indonesia (Lanal) Bengkulu, Komando Distrik Militer (Kodim) 0407, Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal di Kota Bengkulu. [Soprian/Adv]