PedomanBengkulu.com, Lebong – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lebong tahun 2020, bisa dipastikan akan diikuti dari calon perseorangan atau  jalur non partai politik. Hal itu berdasarkan hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong Jum’at (21/8/2020). Berdasarkan rekapitulasi hasil verifikasi faktual, dukungan perbaikan pasangan Armansyah Mursalin – Masropen Iriadi, dinyatakan memenuhi syarat dukungan jalur perseorangan. Dari 10.867 dukungan perbaikan yang dilakukan proses verifikasi faktual (Verfak) sebanyak 3.247 dukungan dinyatakan memenuhi syarat (MS). Jika ditambah dengan 4.906 dukungan MS hasil verfak tahap awal, maka pasangan ini sudah berhasil mengantongi 8.153 dukungan. Sedangkan syarat dukungan minimal untuk Kabupaten Lebong hanya sebanyak 7.723 dukungan.

Ketua KPU Lebong Salahuddin Al Khidhr mengatakan dengan mengumpulkan 8.153 dukungan, Armansyah dan Masropen dinyatakan bisa mendaftar sebagai bakal pasangan bupati dan wakil bupati Lebong. Bakal pasangan calon perseorangan, tetap harus melakukan pendaftaran dengan melengkapi setiap persyaratan. Sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2020, proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Lebong akan dibuka 4-6 September 2020.

“Untuk pasangan Armansyah- Masropen memenuhi syarat dukungan jalur perseorangan. Dan bisa mengikuti tahapan pendaftaran bakal calon Bupati – Wakil Bupati Lebong, yang akan dibuka pada 4 hingga 6 September. ucap Khidhr.

Sementara itu, Armansyah Mursalin didampingi Masropen Iriadi yang menghadiri langsung rapat pleno kepada sejumlah awak media menyampaikan, semua dukungan yang mereka peroleh itu merupakan dukungan yang benar-benar dari masyarakat, yang menginginkan mereka mengikuti kontestasi politik Pilkada Lebong. Bahkan dirinya mengklaim, jumlah dukungan sebenarnya jumlahnya jauh lebih besar, dari jumlah dukungan yang dinyatakan MS berdasarkan hasil Verfak. Bahkan masih ada sekitar 10 ribu yang ikut mendukung. Tetapi mereka dalam Verval masuk TMS, itu juga karena memang ada beberapa syarat administrasi yang belum tidak dilengkapi.

“Mudah-mudahan dukungan masyarakat ini bisa terus dipertahankan sampai akhir. Yang pasti kami akan menjalin komunikasi kepada masyarakat untuk menguatkan dukungan akar rumput,” bebernya.

Ditambahkan Armansyah, pihaknya saat ini juga sejak awal sudah mulai mempersiapkan syarat-syarat administrasi, sebagai kelengkapan administrasi untuk pendaftaran secara resmi sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Lebong pada awal September 2020 di KPU Lebong.

“Sejumlah syarat-syarat lainnya sudah kami siapkan. Tapi memang ada beberapa administrasi yang masih perlu dilengkapi,” pungkasnya.[Supriyadi]