Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong- Bakal calon perseorangan Syamsul Efendi- Hendra Wahyudiansyah dipastikan dapat maju di pilkada Rejang Lebong tahun 2020 setelah dapat memenuhi syarat pencalonan dengan mengantongi 21333 dukungan dari warga Rejang Lebong. Kepastian terpenuhinya dukungan KTP tersebut, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong melakukan rapat peleno Rekapitulasi Dukungan Hasil Perbaikan Bakal Calon Perseorangan tingkat Kabupaten yang dilaksankan, Jumat (21/8) di Kantor KPU Rejang Lebong.

Disampaikan Koordinator Divisi Tekhnis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Rejang Lebong, Visco Putra Alexander dari total 10.629 KTP dukungan perbaikan yang di Verifikasi faktual, Sebanyak 5893 KTP memenuhi syarat. Pada tahap Verfak dukungan Awal yang memenuhi syarat sebanyak 15.430 KTP sehingga total KTP yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 21.333 KTP.

“Syarat minimal yang dibutuhkan untuk maju melalui jalur persorangan di pilkada RL yakni sebanyak 20.334 KTP. Dari Pleno yang kita lakukan tadi total KTP yang memenuhi syarat pasangan Samsul-Hendra ini adalah 21.333 KTP, artinya jumlah dukungan melebih batas minimal sehingga pasangan ini memenuhi syarat untuk mendaftar ke KPU sebagai Calon Bupati- Calon Wakil Bupati,” kata Visco.

Dikonfirmasi usai mengikuti Pleno di KPU, Syamsul Efendi menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga yang telah menyerahkan KPT untuk mendukungan pasangan SaHe maju dari jalur perseorangan.

“Alhamdulillah dari hasil pleno yang dilakukan KPU tadi, Syarat untuk maju melalui jalur peseroangan sudah memenuhi syarat bagi kita untuk mencalonkan diri,. Ini semua karena dukungan masyarakat, mudah mudahan kepercayaan masyarakat ini akan kami pertaruhkan untuk kemenangan SaHe. Kemudian berkisar tanggal 6 September kami akan melanjutkan pendaftaran ke KPU sehingga kita resmi sebagai calon,” kata Syamsul.

Terkait pendaftaran sebagai calon ke KPU nantinya apakah menggunakan jalur perseorangan atau jalur partai politik, mengingat sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera telah mengeluarkan Rekomendasi mendukung dan mengusung SaHe untuk maju di pilkada RL. Terkait apakah menggunakan partai atau perserorangan, Syamsul menyampaikan pihaknya masih melihat situasi dan kondisi.

“Undang-undang mensyaratkan ketika dukungan persoranga sudah cukup, ataupun memungkinkan masih ada peluang partai mengusung, tentunya kita masih melihat situasi dan kondisi, namun yang jelas PKS bersama kita tinggal kita lihat saja kapan waktunya, kalau kita bicarakan saat ini takutnya rencana Tuhan berbeda mudah mudahan rencana kita ini sama dengan rencana yang maha kuasa sehinga tidak tertutup kemungkinan direkomendasikan partai. Tapi yang jelas saat ini kita sudah mengantongi 21.333 suara,” pungkas Syamsul. [Julkifli Sembiring]