Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong- Makin maraknya kasus covid-19 di kabupaten RL menjadi perhatian anggota DPRD Rejang Lebong, Hidayatullah. Ia meminta agar pemerintah daerah benar-benar siap. Khususnya dalam hal penanganan para pasien yang terkonfimasi positif. Para tenaga kesehatan yang kontak langsung dengan masyarakat diminta untuk benar-benar steril dan bebas covid-19.

“Kita mendorong pemerintah daerah untuk melakukan swab juga kepada para nakes kita. Karena mereka ini harus kita siapkan dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus covid-19. Para nakes harus bebas dari covid-19. Jangan sampai tanpa kita sadari. Ada nakes kita yang kontak langsung dengan masyarakat malah terkonfirmasi positif. Ini akan jadi problem besar. Khususnya para nakes yang ada di pelayanan vital kesehatan seperti RSUD dan Puskesmas,” jelasnya, Minggu (30/8).

Menurutnya, hal ini penting selain meminimalisir penularan dari para pelaku perjalanan. Antisipasi nakes juga harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Karena para nakes ini jugalah yang nantinya akan menjadi garda terdepan dalam rangka memerangi virus Covid-19.

Ia juga mendesak agar pemerintah daerah segera bisa memfungsikan mobil tes swab yang dibeli melalui gugus tugas pertengahan Agustus lalu. Harapannya semakin meningkat nya kasus covid-19. Maka semakin banyak juga yang diswab. Baik yang kontak dengan pasien positif maupun yang lain yang menunjukkan gejala mengarah ke covid.

“Kita juga mendorong kerja massal secara bersama. Instrumen edukasi tentang covid-19 harus menjadi hal penting dilakukan pemerintah. Elemen pemerintahan mulai dari kabupaten hingga desa dan kelurahan harus gencar memberikan edukasi ke masyarakat. Ini penting agar masyarakat kita lebih mengantisipasi dan menjaga diri dan keluarga dari potensi terwabah virus ini,” jelasnya. [Julkifli Sembiring]