PedomanBengkulu.com, Lebong – Terhitung mulai 1 September 2020, Pemkab Lebong secara resmi menerapkan absen sistem elektronik (E-Absensi) yang terkoneksi dengan aplikasi Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAP) berlaku bagi semua aparatur sipil negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) di seluruh Organisasi perangkat daerah (OPD).

Tentunya dengan penerapan E-Absensi ini maka kinerja pegawai akan terpantau dengan baik, dan tidak bisa bermalas-malasan karena Absensi sudah menggunakan sistem digital finger print wajah yang sudah terpasang diseluruh OPD. Kemudian juga aplikasi SIAP ini bisa didownload di play store untuk monitoring atau mengecek Absensi masing-masing.

“E-Absensi atau Aplikasi SIAP ini berlaku bagi seluruh ASN dan THLT di jajaran Pemkab Lebong terhitung 1 September 2020. Maka tidak ada kata malas dan titip Absen lagi, karena jelas E-Absensi harus wajah ASN dan THLT Absen secara langsung,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong, Mustarani Abidin Senin (31/8/2020) siang.

Setelah E-Absensi, lanjut Mustarani, Pemkab Lebong juga dalam persiapan untuk penerapan Aplikasi E-kinerja, yang di beri nama sistem informasi kinerja pegawai (SIKAP) dan E-TPP yang di beri nama sistem informasi tambahan penghasilan (SITAMPAN).

“Untuk Aplikasi SIKAP dan SITAMPAN nantinya juga akan terkoneksi dengan E-Absensi. Rencananya mulai diberlakukan pada Oktober 2020 nanti. Karena untuk kedua aplikasi ini masih dalam penyempurnaan data dan regulasi,” pungkasnya. [Supriyadi]