PedomanBengkulu.com Rejang Lebong – Tahapan Verifikasi Faktual dukungan perbaikan pasangan bakal calon perseorangan Syamsul Efendi – Hendra Wahyudiansyah telah selesai dilakukan petugas Verfak. Data sementara dukungan perbaikan yang dinyatakan memenuhi syarat yakni 5800 dukungan dari total 10.629 KTP yang di Verfak.

Disampaikan Koordinator Divisi Tekhnis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Rejang Lebong, Visco Putra Alexander di Rejang Lebong, Rabu (19/8) meski dukungan yang dinilai memenuhi syarat melebihi kekurangan yang dibutuhkan, untuk memastikan lolos tidaknya pasangan SaHe akan ditentukan pada saat Rapat Pleno tingkat KPU Rejang Lebong yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus mendatang.

“Proses verfak dukungan perbaikan calon independen pasangan Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah (SaHe) tersebut sudah dilaksanakan pada 10-16 Agustus, dan dilanjutkan dengan rapat pleno tingkat kecamatan yang berakhir 18 Agustus. Untuk data pastinya saya belum dapat laporan dari seluruh kecamatan tetapi dari 10.629 dukungan yang diturunkan, sekitar 5.800 yang dinyatakan memenuhi syarat,” kata Visco.

Ditambahkan Visco, pasangan SaHe belum bisa dipastikan lolos atau tidak karena masih akan dilakukan rapat pleno ditingkat kabupaten, kendati demikian jumlah syarat perbaikan yang memenuhi syarat ini sudah melebihi kekurangan sebelumnya sebanyak 4.904 dukungan guna memenuhi kekurangan syarat minimal yang ditentukan sebanyak 20.334 dukungan.

“Jumlah dukungan yang memenuhi syarat ini sudah melebihi batas minimal kekurangan dukungan sebanyak 4.904 dukungan. Hasil rapat pleno yang dilaksanakan di 15 PPK tersebar dalam 15 kecamatan ini kata belum diketahui akan ada perubahan atau tidak misalnya karena adanya rekomendasi dari Bawaslu Rejang Lebong. Rapat pleno tingkat kabupaten pada tanggal 21 Agustus 2020 nanti memastikan apakah pasangan SAHE ini bisa lolos atau tidak melalui jalur independen,” pungkas Visco. [Julkifli Sembiring]