Pengambilan sampel swab terhadap tenaga kesehatan, Senin (24/8/2020) lalu

PedomanBengkulu.com, Seluma – Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Seluma akhirnya mererima hasil pengujian sampel swab tenaga kesehatan RSUD Tais, dan keluarga pasien positif di kecamatan Seluma Barat. Berdasarkan hasil pengujian laboratorium, hasil PCR test menunjukkan tujuh orang tekonfirmasi positif Covid-19.

Tujuh orang yang terkonfirmasi positif yakni terdiri dari lima orang tenaga kesehatan di RSUD Tais, dan dua orang keluarga pasien. Hal ini dibenarkan langsung kepala dinas Kesehatan kabupaten Seluma, Rudi Syawaludin (28/8/2020).

“Kami sudah mendapatkan hasil swab, dari kontak erat pasien dan tenaga kesehatan RSUD Tais. Keluarga pasien hasilnya sudah keluar tadi dua orang positif, dan tenaga kesehatan lima positif. Untuk dua keluarga pasien sudah kami koordinasikan dengan pihak desa, agar melakukan isolasi mandiri,” jelas Rudi.

Rudi menyatakan RSUD Tais untuk sementara akan ditutup selama 14 hari, dan tidak akan melakukan pelayanan kepada masyarakat untuk mencegah penularan klaster meluas.

“Untuk sementara pelayanan kami pindahkan ke RSUD terdekat, khusus untuk pasien yang memang membutuhkan penanganan di rumah sakit akan langsung dirujuk ke rumah sakit di Bengkulu” jelasnya.

Dinkes Seluma juga melakukan langkah tracking terhadap seluruh tenaga kesehatan di RSUD Tais, dan melakukan pengujian sampel swab. [IT2006]