Ilustrasi galaksi bima sakti (Sumber: scienceoholic.com)

Suara merambat memerlukan medium, baik itu gas, cair atau padatan. Namun di ruang angkasa, tidak ada medium yang bisa membuat suara merambat. Itu sebabnya, suara tidak bisa terdengar di ruang angkasa. Tapi, ternyata tetap saja astronot dalam banyak misi ruang angkasa telah mendengar suara-suara misterius yang berbeda-beda. Ada getaran elektromagnetik dalam suara yang terdengar tersebut.

Setelah melakukan banyak penelitian, akhirnya badan antariksa Amerika Serikat NASA dengan menggunakan alat Voyager menemukan setidaknya 7 sumber suara di ruang angkasa. Yang ternyata berasal dari Uranus, Saturnus, Jupiter, sinyal misterius, Black Hole, Bumi dan Matahari.

Uranus (Sumber: scienceoholic.com)

1. Uranus

Suara yang terdengar dari Uranus cukup aneh. Suaranya terdeteksi dari Miranda, bulan dari Uranus. Suara ini sangat mirip dengan parit laut.

Saturnus (Sumber: scienceoholic.com)

2. Saturnus

Saturnus menghasilkan suara paling menyeramkan di antara suara yang lain. Suara dari Saturnus tercipta karena keruntuhan cincin-cincinya. Meski, Saturnus bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin, tapi hanya Saturnus yang mengeluarkan suara dari keruntuhan cincinnya.

Jupiter (Sumber: scienceoholic.com)

3. Jupiter

Jupiter mengeluarkan suara paling kuat di antara suara lainnya di ruang angkasa. Suara ini membuat gelombang elektromagnetik yang begitu kuat yang terdengar seperti suara siulan dari planet itu. Kedengaran juga sangat mirip dengan badai dahsyat.

Black hole (Sumber: scienceoholic.com)

4. Black Hole

Black Hole juga mengeluarkan suara yang berbeda. Kedengaranya seperti angin yang bergerak lambat dan setelah beberapa waktu ada suara tetesan air. Suara ini tercipta saat ada dua black hole bertabrakan.

Radio pendeteksi sinyal misterius (Sumber: scienceoholic.com)

5. Sinyal Misterius

Ada suara lain yang ditangkap ilmuwan NASA. Meski mereka tidak bisa menjelaskan suara apa itu, namun ada teori yang mengatakan bahwa itu suara alien yang mencoba berkomunikasi dengan kita, meski tidak terbukti secara ilmiah.

Bumi (Sumber: scienceoholic.com)

6. Bumi

Bumi mengeluarkan suara paling tidak wajar, tapi ini rasanya masuk akal, karena kita menghasilkan banyak frekuensi yang tidak biasa setiap harinya. Sangat sulit menentukan bagaimana sebenarnya suara dari bumi terdengar, sangat bising.

Matahari (Sumber: scienceoholic.com)

7. Matahari

Matahari merupakan bola raksasa plasma, terdengar sangat misterus yang tidak terlalu menakutkan. Suara itu dihasilkan dari gelombang kuat dari permukaan matahari yang terus menerus menyala dan melepaskan energi.

[Ricky]