PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Peringatan HUT ke-75 RI tahun 2020 tetap dilaksanakan di seluruh Indonesia meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, namun pelaksanaannya sedikit berbeda seperti tahun sebelumnya, di mana terdapat pembatasan-pembatasan dari jumlah peserta dan petugas upacara.

Selain itu, seluruh peserta yang terlibat dalam upacara harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Di kabupaten Bengkulu Tengah upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati, Senin (17/8/2020) pagi. Upacara yang dipimpin langsung Bupati Bengkulu Tengah DR. H. Ferry Ramli, SH, MH.

Kegiatan upacara yang berjalan hikmat ini diikuti oleh beberapa peserta upacara terdiri dari TNI-POLRI, tim kesehatan, tim korsik dari pelajar SMAN 1 Bengkulu Tengah, dan unsur Forkopimda sebagai tamu undangan. Bupati Bengkulu Tengah, yang bertindak sebagai inspektur upacara, Kapten Inf Albi Rahman sebagai perwira upacara, Kapten Inf Suyanto Romi bertindak sebagai komandan upacara. Dan Ketua DPRD Bengkulu Tengah Budi Suryantono, S.Sos bertindak sebagai pembaca naskah UUD 1945.

Sebagai wujud dari penerapan protokol kesehatan, upacara peringatan HUT ke-75 RI ini dilaksanakan dengan sangat sederhana dan Pasukan Pengibar bendera yang bertugas pun hanya berjumlah 3 orang anggota Paskibraka tahun 2019 yang bertindak sebagai Penggerek Elan Juniansyah dari SMAN 2 Bengkulu Tengah, Pembawa Bendera Bela Septiani Nur Sakinah dari SMAN 1 Bengkulu Tengah dan yang bertindak sebagai Pembentang Fauzan Agung Dewantara dari SMAN 1 Bengkulu Tengah.

Seusai kegiatan upacara pengibaran sang bendera merah-putih dilaksanakan, Bupati Bengkulu Tengah DR. H. Ferry Ramli, SH, MH menjelaskan kepada awak media. Sebagau warga negara Indonesia, masyarakat wajib menghargai perjuangan-perjuangan parah pejuang terdahulu dalam merupakan kemerdekaan demi bebas dari penjajahan.

“Berjalan hikmat meski kita masih dalam masa pandemi. Dan kita wajib mengingat dan memperjuangkan cita-cita para pejuang terdahulu. Dan nanti kita juga akan mengikuti pidato kenegaraan oleh presiden Republik Indonesia.” tegasnya.

Bupati dalam kesempatan ini, mewakili pemerintah dan masyarakat kabupaten Bengkulu Tengah juga menyampaikan ucapan selamat dirgahayu negara tercinta, Republik Indonesi telah mencapai usia yang ke-75 hari proklamasi kemerdekaan.

“Sekali lagi selamat hari proklamasi kemerdekaan untuk negeri kita tercinta, Republik Indonesia yang ke-75. Semoga ke depan negara kita lebih disegani dunia.” tutup Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli. [Hendri Suwi]