Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong- Bank Rakyat Indonesia Cabang Curup yang mebawahi 3 Kabupaten yakni Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang telah menyalurkan Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp15,3 miliar untuk 6300 penerima bantuan. Disampaikan Pimpinan Cabang BRI Curup David A Saxono, Bantuan tersebut seluruhnya sudah masuk ke rekening penerima.

“Untuk 3 Kabupaten Ini sudah ada penyaluran BPUM kepada 6300 penerima bantuan, Khusus untuk Rejang Lebong 3114 penerima. Untuk pencairan Bantuan senilai Rp2,4 juta bisa dicairkan di masing masing kantor BRI,” kata David, Selasa (22/9).

David Juga menyampaikan untuk pencairan BPUM ini, pemilik rekening harus datang ke Bank BRI terdekat dengan membawa buku tabungan dan nantinya pada saat pencairan harus melakukan pengisian beberapa form yang sudah disiapkan.

“Setelah menerima SMS pemberitahuan dri Bank BRI, silakan datang ke kantor BRI terdekat, selanjutnya nanti petugas kita akan membantu mengisi Form. Setelah seluruh persyaratan dipenuhi maka dana BPUM tersebut dapat ditarik,” kata David.

Kesempatan untuk mendapatkan BPUM masih terbuka untuk masyarakat di 3 Kabupaten Wilayah Kerja Bank BRI Cabang Curup mengingat Pemerintah Pusat memberikan jatah kepada BRI sebagai bank penyalur sebanyak 5 juta penerima dan sampai saat ini penyaluran baru dilakukan untuk 1,5 juta penerima di seluruh Indonesia.

“Kita juga tetap melakukan koodinasi dengan Dinas Koperasi dan pemerintah daerah agar mengajukan data data calon penerima BPUM ini karena sampai sekarang yang sudah disalurkan BRI baru 1,5 juta, artinya masih ada peluang bagi warga kita untuk mendapatkan bantuan ini mengigat kuota kita masih ada 3,5 Juta calon penerima,” ujar Pinca BRI Curup.

Kadis Disperindagkop UKM Rejang Lebong, Dwi Purnamasari menyampaikan bahwa syarat agar dapat menjadi penerima BPUM tersebut yakni harus menyerahkan Nomor Induk Kependudukan, nama jelas, bidang usaha, alamat, nomor telepon dan rekening Bank BRI.

“Setelah seluruh syarat ini lengkap, langsung di registrasi ke Perindag, untuk sementara kita menutup regsitrasi karena saat ini masih banyak yang sedang diregistrasi. Setelah data ini selesai, kita akan buka kembali, mudah-mudahan bisa bertambah jumlah penerima BPUM di Rejang Lebong,” kata Dwi.

Terpisah, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi pada penyerahan secara simbolis Banpres BPUM di Rejang Lebong kepada 3114 Penerima masing masing Rp2,4 juta dapat dimanfaatkan penerima untuk membangun kembali usaha usaha penerima bantuan tersebut.

“Bantuan ini bertujuan sebagai upaya akselerasi pemulihan perekonomian melalui stimulus Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terus dilakukan Pemerintah. Nah, bantuan ini diharapkan dapat menjadi permodalan bagi pelaku usaha untuk kembali menggerakkan usaha akibat dampak Covid 19 ini.” kata Bupati. [Julkifli Sembiring/Advetorial]