PedomanBengkulu.com, Seluma – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma telah melakukan penelusuran atau tracking, pasca satu orang pasien asal desa di kecamatan Sukaraja dinyatakan positif Covid-19 dan meninggal dunia pada Jum’at (11/9/2020) kemarin. Hasilnya sebanyak sepuluh orang telah terdata, yang terdiri dari delapan warga yang ikut memakamkan dan dua orang kontak almarhum pasien.

“Hari ini sepuluh orang yang sudah kami tracking kemarin, menjalani swab di laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) Provinsi Bengkulu, kalau sudah keluar hasilnya baru nanti akan kami lakukan tindakan selanjutnya,” jelas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Seluma, Ahmad Tavip (15/9/2020).

Dinkes hingga saat ini masih berusaha untuk mengungkap asal mula penularan terhadap almarhum pasien. Ini dilakukan agar diketahui adanya kemungkinan terbentuknya klaster penularan baru.

“Sampai saat ini masih belum diketahui asal penularannya, kami juga sedang berusaha mengungkap. Kami masing berkoordinasi dengan keluarga mengenai riwayat perjalanan almarhum, kemana saja dia pernah pergi. Kalau tidak ada riwayat interaksi dengan pasien positif, kemungkinan sudah ada penularan disana,” jelasnya.

Saat ini jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Seluma telah berjumlah 32 orang, yang terdiri dari 6 orang pasien dalam perawatan, 24 orang telah sembuh, dan 2 orang meninggal dunia. [IT2006]