PedomanBengkulu.com, Seluma – Pengajuan pelantikan pejabat eselon II hasil lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Pemkab Seluma sedang diproses. Saat ini Pemkab Seluma sudah mengajukan izin pelantikan kepada Mendagri melalui Gubernur.

“Kemarin sudah saya paraf, kalau sudah selesai hari ini sudah dinaikkan ke Gubernur,” jelas Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma, Supratman, Kamis (3/9/2020).

Proses pelantikan tersebut diawali dengan izin yang dikirim dari Bupati Seluma kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur, dan juga harus mendapat izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah izin tersebut didapat, pelantikan baru bisa dilakukan.

“Berdasakan hasil JPT, ada tiga nama yang meraih nilai tertinggi, tetapi biasanya yang dipilih oleh Bupati ini yang nomor urut satu,” jelasnya.

Supratman juga menyatakan, pergeseran dan pelantikan pejabat ini tidak akan bermasalah, karena dilakukan untuk mengisi jabatan yang kosong, bukan mengganti pejabat yang sudah ada.

Adapun jabatan eselon II yang telah dilakukan seleksi JPT Pratama terdiri dari lima kepala dinas dan satu asisten. Berdasarkan pengumuman tim seleksi, peserta yang meraih nomor urut satu tersebut adalah kepala dinas pertanian, Arian Sosial yang saat ini menjabat sebagai sekretaris dinas pertanian. Kepala dinas perikanan, Zuraini yang saat ini menjabat Kabag administrasi dan SDA Setda Seluma. Kepala dinas PMD, Adiman yang saat ini menjabat sebagai Kabag Hukum Sekretariat DPRD. Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan, Almidian Saleh yang saat ini menjabat kepala ULP. Kepala Badan Kesbangpol, Elian Suandi yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris BKPSDM Seluma. Dan kepala dinas Sosial, Herman yang saat ini menjabat sebagai sekretaris dinas Sosial. [IT2006]