PedomanBengkulu.com, Seluma – Pengusutan terhadap proyek perehaban gedung Dinas Pendidikan (Dispendik) kabupaten Seluma di kawasan Pematang Aur kelurahan Talang Saling, masih ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Seluma. Kejari saat ini sedang melakukan pendalaman terhadap sejumlah fakta.

Kajari Seluma M. Ali Akbar (1/9/2020) menyatakan, pihaknya masih melakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket). Adapun fakta yang dimaksud adalah mengenai proses penghapusan ataupun perehaban aset gedung Dispendik yang dilakukan 2019 lalu.

“Saksi belum ada yang panggil dipanggil, masih pengumpulan data dan masih dianalisa. Apakah ini termasuk katergori dihapuskan atau dimusnahkan,” jelasnya.

Ali menyatakan pihaknya mendalami apakah proses pendataan hingga penghapusan aset berupa Gedung Dispendik tersebut sudah dilakukan sesuai aturan. Jika ditemukan adanya pelanggaran, maka akan dilakukan proses lebih lanjut.

“Kalau prosesnya benar tidak jadi masalah, tetapi kalau tidak benar kami proses, untuk itu sedang kami analisa tentang penghapusan aset bangunan, bagaimana syarat syaratnya, sudah memenuhi syarat atau tidak,” jelasnya.

Adapun Gedung Dispendik Seluma yang berada didekat gedung BKPSDM tersebut sudah dibongkar total pada 2019 lalu, dan hanya menyisakan dinding dasar. Rencananya gedung tersebut hendak dibangun ulang tahun ini, namun penganggaran gedung tersebut tidak disetujui DPRD kabupaten Seluma dalam pembahasan RAPBD 2020. [IT2006]