PedomanBengkulu.com Rejang Lebong – Penambahan kasus positif Covid-19 di Rejang Lebong, Kamis (17/9/2020) bertambah 16 orang sehingga saat ini tercatat ada sebanyak 52 kasus Covid-19 yang terjadi di Rejang Lebong. Warga yang terpapar Covid 19 ini mulai dari bayi umur 4 Bulan hingga lansia berumur 68 tahun. Hal ini disampaikan Syamsir, Juru Bicara Gugus Tugas Penaggulangan Covid-19 Rejang Lebong.

“Hari ini terjadi penambahan 16 kasus warga Rejang Lebong terpapar Covid 19. Total yang terpapar menjadi 52 orang, namun kita juga bersyukur karena hari ini juga ada 2 Pasien yang dinyatakan sembuh,” ujar Syamsir, Kamis (17/9/2020).

Dirincikan Syamsir, kasus Covid-19 yang terkonfimasi hari ini setelah hasil lab terhadap pengujian Swab keluar yakni Kasus 37, Laki-laki berumur 48 tahun warga Kecamatan Sindang Kelingi, pasien mengalami demam, batuk, pilek dan sesak, saat ini dirawar di RSUD Curup. Kasus 38 seorang laki-laki berumur 47 tahun warga Kecamatan Curup. Pasien merupakan tenaga kesehatan dan mengalami keluhan diare lemas dan mual, saat ini dirawat di RSUD Curup. Kasus 39 seorang laki-laki berusia 6 tahun warga Kecamatan Binduriang. Pasien mengalami keluhan demam kejang, saat ini dirawat di RSUD M Yunus Bengkulu. Kasus 40 seorang laki-laki berusia 4 bulan warga Kecamatan Curup Timur, tidak ada keluhan, riwayat kontak dengan kasus 28, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 41 seorang Perempuan berusia 23 tahun warga Kecamatan Sindang Kelingi berpofesi sebagai tenaga kesehatan, tidak ada keluhan,saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Kasus 42, seorang laki-laki, berusia 15 tahun warga Kecamatan Curup, tidak ada keluhan, riwayat kontak dengan kasus 25, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 43 seorang laki-laki, berumur 15 tahun warga kecamatan Curup Selatan, tidak ada keluhan, riwayat kontak dengan kasus 25, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 44, Perempuan, umur 32 tahun warga Kecamatan Curup, berprofesi sebagai tenaga kesehatan, Keluhan demam pegal mual, riwayat kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Kasus 45, Perempuan umur 2 tahun, warga kecamatan Curup, Keluhan demam pilek, riwayat kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 46, Laki-laki umur 4 tahun warga Kecamatan Curup, tidak ada keluhan, kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 47, laki-laki, umur 66 tahun warga Kec. Curup, keluhan demam pegal, riwayat kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 48, laki-laki umur 68 tahun warga Kecamatan Curup, keluhan sakit tenggorokan, riwayat kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 49, Perempuan umur 24 tahun warga kecamatan Curup, tidak ada keluhan, kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Kasus 50, Perempuan,umur 29 tahun warga kecamatan Curup Tengah, tidak ada keluhan, riwayat kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 51, Perempuan umur 47 tahun warga kecamatan Curup Tengah, tidak ada keluhan, riwayat kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 52, laki-laki, umur 28 tahun warga kecamatan Curup Selatan bekerja sebahgai tenaga kesehatan tidak ada keluhan, kontak dengan kasus 30, saat ini dilakukan isolasi mandiri.

“Untuk pasien yang sembuh yakni Kasus 26 warga kecamatan Curup Tengah dan Kasus 27 juga warga Kecamatan Curup Tengah,” kata Syamsir.

Dengan meningkatnya pasien Covid-19 di Rejang Lebong, Ketua Gugus Tugas Penaggulangan Covid 19, yang juga merupakan Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan tracking terhadap lingkungan tempat tinggal pasien dan keluarga terdekat

“Selain melakukan tracking, untuk pencegahan harus juga dilakukan peningkatan penyemprotan disinfektan diwilayah tempat tinggal pasien maupun di seluruh desa dan kelurahan. Saya juga mengimbau masyarakat agar lebih disiplin menjalankan Protokol Kesehatan terutama menggunakan masker dan cucitangan menggunakan sabun setiap melakukan aktifitas. Hindari kerumunan dan lakukan pola hidup sehat,” pungkas Bupati [Julkifli Sembiring]